Sertifikat Berpindah Tangan, Pedagang Pasar Induk Baledono Kesulitan

Editor: KRjogja/Gus

PURWOREJO (KRjogja.com) – Hari pertama pemindahan pedagang dari tempat relokasi ke Pasar Induk Baledono Kabupaten Purworejo, Senin (12/2) membuat sejumlah pedagang kesulitan mengurus tempat. Hal ini menyusul jual beli kios atau los yang ternyata sertifikatnya belum dibalik nama. Akibatnya pada lokasi yang bakal ditempati masih atas nama orang lain.

“Ada pula satu pedagang yang memiliki lebih dari satu kios atau los. Juga mereka yang melakukan jual beli dan dalam sertifikat masih atas nama pemilik sebelumnya,” kata Plt Kepala Dinas Perdagangan UKM dan Koperasi Purworejo Kendrasmoko SSos MSi saat ditemui sedang pemantau pelaksanaan pendaftaran pedagang.

Hari pertama memasuki pasar yang baru dibangun akibat kebakaran tahun 2013 itu, para pedagang masih diwajibkan untuk mendaftarkan kembali, sesuai tempat yang dimiliki sebelum pasar terbakar. “Hari pertama ini kita targetkan 451 pedagang, khusus untuk mereka yang ditampung di Terminal Angkudes Kongsi,” jelas Kendrasmoko.

Dalam pendaftaran kembali para pedagang itu lanjut Kendrasmoko, ada bebrapa pedagang yang mengalami kesulitan karena sertifikatnya masih atas nama orang lain. “Mereka dulu membeli kios atau los milik pedagang lainnya, namun sertifikat belum dibalik nama, sehingga jatah los atau kios masih atas nama pemilik dulu,” katanya. (Nar)

BERITA REKOMENDASI