Sertipikasi Tanah 2020 Ditarget 56.000 Bidang

Editor: KRjogja/Gus

PURWOREJO, KRJOGJA.com – Kabupaten Purworejo kembali mendapatkan program Pendaftaran Tanah Sistem Lengkap (PTSL) tahun 2020. Kantor Pertanahan Purworejo mendapat target menyelesaikan sertipikasi hak atas tanah untuk 56.000 bidang selama setahun.

Selain itu, Pertanahan Purworejo juga ditarget menyelesaikan 60.000 peta bidang tanah untuk tahun 2020. "Target Purworejo naik dan sasaran PTSL tahun 2020 ada di 41 desa," ungkap Kepala Kantor Pertanahan Purworejo, Suwitri Irianto, menjawab pertanyaan KRJOGJA.com, usai sosialisasi PTSL 2020, Kamis (19/12).

Sosialisasi dihadiri camat dan kades yang mendapat alokasi PTSL 2020 dan perwakilan organisasi perangkat daerah. Selain Suwitri Irianto, perwakilan Dinas Perumahan Rakyat Kawasan Permukiman dan Pertanahan (Dinperkimtan) Purworejo, Kejaksaan Negeri Purworejo, Polres Purworejo dan Kodim 0708 Purworejo, memberikan materi.

Target tersebut naik dibandingkan tahun 2019. Sertipikasi hak atas tanah tahun itu ditarget 50.000 bidang dan terealisasi 51.085 bidang, sedangkan peta tanah 66.000 bidang dengan realisasi 72.364 bidang.

Menurutnya, tujuan PTSL adalah untuk percepatan pemberian kepastian hukum dan perlindungan hukum hak atas tanah masyarakat. "Harus pasti, prosesnya sederhana, terbuka, cepat, lancar, aman, akuntabel, sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Kepastian hukum itu juga demi mencegah sengketa pertanahan," tuturnya.

Kasi Hubungan Hukum Pertanahan Kantor Pertanahan Purworejo Budi Harsoyo Cahyono Winahyu menambahkan, kantornya telah menyiapkan aplikasi dan database tertintegrasi untuk pra pendaftaran PTSL. "Kami ada aplikasi e-BPN, berbasis website yang berguna untuk proses pemetaan, pengukuran dan entry data calon peserta PTSL," paparnya.

Aplikasi tersebut dapat diakses secara online oleh panitia desa, petugas pengukuran dan pemetaan, petugas yuridis dan Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Purworejo. BPKAD, lanjutnya, berkepentingan memutakhirkan data kepemilikan tanah dalam SPPT PBB.

Sementara itu, Bupati Purworejo Agus Bastian SE MM dalam sambutan yang dibacakan Sekda Said Romadhon meminta seluruh pihak terkait untuk aktif mensukseskan PTSL 2020. "Masyarakat harus mendapatkan pelayanan terbaik," tegasnya.(Jas)

 

 

 

BERITA REKOMENDASI