Serukan Pesan Damai dalam Sebuah Pameran Lukis

Editor: Ivan Aditya

PURWOREJO (KRjogja.com) – Setiap kali bangsa ini dicoba diretakkan, setiap kali pula sesama manusia dicoba diceraiberaikan, tapi selalu ada yang berteriak, tidak…!!! ‘Kita Bersuadara’. Demikianlah diantara kutipan pesan damai yang ditujukan untuk persatuan dan kesatuan bangsa.

Diteriakkan melalui goresan kanvas di Gedung Kesenian Kabupaten Purworejo oleh para seniman lukis.Ditandatangani pula oleh Bupati Purworejo H Agus Bastian SE MM, yang sekaligus meresmikan pameran lukisan Beautiful of Bagelen (BoB), Jumat (30/12/2016).

Dari tempat ini, para seniman lukis Purworejo yang tergabung dalam Komunitas Pelukis Bagelen (KPB) menebarkan pesan damai dan semangat persaudaraan. “Ini cara kami dalam mensikapi kondisi bangsa yang belakangan gaduh oleh berbagai persoalan yang dapat mengancam keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI),” kata Ketua KPB Bramantyo Ast.

Konteks pesan ini menurut Bram (panggilan akrab Bramantyo) cukup luas. Tidak hanya lingkup lokal, namun juga nasional dimana benih-benih perpecahan dalam berbagai sendi kehidupan mulai bermunculan.Pameran diikuti 15 pelukis anggota KPB. Dimaksudkan untuk menggeliatkan dunia seni rupa, khususnya di Purworejo.

“Banyak sudah pelukis nasional yang lahir dari bumi Bagelen. Karyanya bahkan diapresiasi hingga luar negeri. Ini menjadi spirit bagi kami untuk terus berkembang dan menyemangati diri bahwa putra Purworejo memiliki potensi besar,” tandasnya. (Nar)

BERITA REKOMENDASI