Setahap Lagi, UMKM Purworejo Masuk BIY

Editor: KRjogja/Gus

PURWOREJO, KRJOGJA.com – Produk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) asal Kabupaten Purworejo dalam waktu dekat akan dipasarkan gerai UMKM Provinsi Jawa Tengah di Bandara Internasional Yogyakarta (BIY). Sebanyak 46 UMKM berhasil lolos kurasi tahap awal dan akan menjalani seleksi di tingkat provinsi.

Kepala Dinas Koperasi UMKM dan Perdagangan (DinKUKMP) Purworejo Bambang Susilo mengatakan, Pemrov Jateng akan memiliki gerai UMKM seluas kurang lebih 200 meter persegi di BIY Kulonprogo. “Konsepnya yang akan mengisi adalah pelaku UMKM di wilayah Jawa Tengah yang dekat dengan bandara, seperti Magelang, Purworejo, Kebumen, dan sekitarnya,” ungkapnya kepada KRJOGJA.com, Senin (24/8).

Menurutnya, dinas mendata UMKM yang dinilai layak untuk masuk bandara. Dinas mengusulkan produk UMKM unggulan bidang makanan minuman, fashion, dan kerajinan. Sebanyak 99 UMKM berbagai bidang itu diusulkan kepada Pemprov Jateng.

Dinas bersama pemprov melakukan kurasi tahap pertama dan lolos sebanyak 46 pelaku UMKM. Untuk jenis produknya, lanjut Bambang, lebih dari 46 karena ada pengusaha yang memproduksi lebih dari satu macam barang. Puluhan UMKM itu akan menjalani kurasi lanjutan di Magelang akhir Agustus 2020.

Bambang mencontohkan, UMKM Kopwan Srikandi yang berhasil lolos untuk produk minyak kelapa, VCO, gula kristal, dan sabun. “Juga ada batik yang bisa meloloskan produk batik tulis dan cap,” ucapnya.

BERITA REKOMENDASI