‘Si Jumbo’ Siap Dijadikan Hewan Kurban

PURWOREJO (KRjogja.com) – Suroto, pedagang sekaligus peternak sapi di Desa Winong Kidul Kecamatan Gebang Kabupaten Purworejo patut berbangga. Tidak hanya mampu menjual puluhan sapi, namun sapi miliknya menjadi maestro karena memiliki bobot 1,2 ton.

Sapi jenis shimetal berumur lima tahun itu pun jadi salah satu dagangannya. Harganya pun bikin bulu kuduk berdiri karena dibanderol Rp 75 juta. Harga itu sebanding dengan kualitas yang ditawarkan. 

"Sapi yang indukannya dari luar negeri itu penuh daging, tubuhnya sehat, namun perangainya jinak. Sapi jenis shimetal itu sama seperti limousine, yakni memang berbakat menjadi hewan berukuran jumbo," kata Suroto, Sabtu (10/09/2016)

Suroto menjelaskan apabila perawatannya ala kadarnya, maka ukuran sapi pun tidak akan maksimal. Karena itu, memberi pakan dengan kandungan gizi lengkap untuk sapinya itu. Pakan pokok tetap hijauan. "Sapi juga diberi komboran. Isi komboran ada garam, ketela, tetes tebu, nangka muda, dedak, ampas tahu dan polar, semua dicampur air lalu diberikan kepada sapi," katanya. 

Alhasil bobot sapi pun terus bertambah. Dalam usia lima tahun, sudah lebih dari satu ton. Bahkan kemungkinan masih akan bertambah. Kabar sapi terbesar di Purworejo membuat banyak orang datang menawar. Terakhir menjelang Idul Adha kali ini, seorang pengusaha Kebumen berniat membeli sapi itu Rp 60 juta. Namun Suroto masih enggan menjualnya. (Jas)

BERITA REKOMENDASI