‘Si Lanthing’ Hadir, Daftar Haji Cukup di KUA

KEBUMEN, KRJOGJA.com – Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Kebumen mendekatkan pelayanan pendaftaran haji melalui program Si Lanthing (Sistem Informasi dan Layanan Terpadu Haji Keliling). Si Lanthing memungkinkan masyarakat mendaftar haji tanpa perlu ke Kemenag, melainkan cukup datang ke Kantor Urusan Agama (KUA) yang ada di kecamatan.

Inovasi Si Lanthing Kemenag Kebumen kerja sama dengan Bank Syariah Indonesia (BSI), diluncurkan oleh Bupati Kebumen Arif Sugiyanto di KUA Gombong, Jumat (3/6/2022). Bupati mengapresiasi inovasi tersebut karena wilayah Kabupaten Kebumen sangat luas, sehingga perlu ada layanan yang mudah dan dekat dengan masyarakat.

“Memang sangat diperlukan layanan jemput bola, seperti Si Lanthing ini. Untuk Pemkab Kebumen, jemput bola sudah dilakukan, seperti layanan administrasi kependudukan,” terangnya.

Pada tahap awal, Si Lanthing baru hadir di KUA Gombong. Namun menurut Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kebumen, Ibnu Asadudin, Si Lanthing akan segera hadir di seluruh KUA. “Cukup datang ke KUA. Tidak sampai menunggu sepuluh menit, sudah mendapat nomor porsi haji,” tegasnya. (Suk)

BERITA REKOMENDASI