Simulasi Bencana Warnai Peringatan HKB 2021 di Kota Magelang

Editor: KRjogja/Gus

MAGELANG, KRJogja.com – Peringatan Hari Kesiapsiagaan Bencana (HKB) Tahun 2021 di Kota Magelang diwarnai dengan kegiatan pukul kentongan bersama-sama dengan membunyikan sirine serta simulasi atau pelatihan penanganan pengungsi dampak bencana, Senin (26/4/2021). Apel HKB 2021 dilaksanakan Garda Relawan Indonesia, yang berkoordinasi dengan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Magelang, di komplek Kantor DLH Kota Magelang.

Heri Prawoto dari Garda Relawan Indonesia kepada KRJogja.com diantaranya mengatakan kegiatan simulasi ini diasumsikan pada kegiatan penanganan pengungsi yang terkena dampak erupsi Gunung Merapi. Kegiatan dilaksanakan sejak bundaran kawasan Sidotopo Kota Magelang hingga komplek Kantor DLH Kota Magelang.

Dalam rangkaian kegiatan ini juga diperagakan proses penanganan warga ada yang mengalami luka patah tulang di bagian tangan, mengalami luka di bagian kaki maupun lainnya. Bahkan ada juga juga yang hamil tua dan sudah keluar air ketubannya. Terhadap yang hamil ini, langsung dirujuk ke rumah sakit untuk segera memperoleh penanganan selanjutnya.

Dikatakan Heri Prawoto, dalam rangka memperingati Hari Kesiapsiagaan Bencana Tahun 2021 ini pihaknya dari relawan penanggulangan bencana berinisiasi untuk ikut merasakan dan mengembangkan itu. “Karena kami berpikir hal ini harus dikembangkan untuk Kota Magelang, untuk diterjemahkan kepada seluruh masyarakat, bahwa dengan kesiapsiagaan bencana ini masyarakat harus siaga,” katanya.

BERITA REKOMENDASI