Siswa Belajar Konvervasi Hutan Mangrove

Editor: KRjogja/Gus

PURWOREJO (KRjogja.com) – Konservasi hutan mangrove ternyata menjadi daya tarik tersendiri bagi masyarakat, khususnya kalangan pelajar. Bahkan hutan bangrove yang dibangun di pantai selatan di Kabupaten Purworejo, Kebumen dan Kulonprogo kini semakin sering dikunjungi.

“Ini bukan sekedar kunjungan wisata, tetapi sekaligus memperkenalkan anak didik pada bentuk konservasi yang dikembangkan di kawasan pantai,” kata Kepala SD Muhammadiyah Kutoarjo Kabupaten Purworejo Suprayitno SPdI, Minggu (27/11).

Untuk kegiatan ini kata Suprayitno, para siswanya digiring ke pantai selatan yang sudah ditumbuhi pohon mangrove. Banyak hal yang bisa dipelajari terkait fungsi hutan mangrove ini. “Terutama dampak lingkungan dan budidayanya, serta berbagai macam jenis mangrove. Ini fokus kajian belajar di luar kelas,” jelasnya.

Dengan kegiatan seperti ini diharap para siswa bisa mengerti akan pentingnya pohon mangrove sebagai pengamanan lingkungan pantai, sekaligus memberikan pemahaman kepada mereka akan bahaya limbah di sungai. “Sekecil apapun, kesadaran  akan pentingnya tanaman bagi kelestarian alam dan lingkungannya penting bagi anak,” jelas Suprayitno. (Nar)

BERITA REKOMENDASI