Siswa SMA Taruna Nusantara Dituntut Berjiwa Pemimpin

Editor: Ivan Aditya

MAGELANG, KRJOGJA.com – Iring-iringan kendaraan yang membawa Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto SIP beserta rombongan yang tiba di kampus SMA Taruna Nusantara disambut oleh Kepala LPTTN Brigjen TNI (Purn) Drs Putut Winarno dan Kepala SMA Taruna Nusantara, Senin (19/03/2018). Di tempat ini Hadi Tjahjanto memberikan pembekalan bagi para siswa dan siswi SMA Taruna Nusantara.

Panglima TNI menyampaikan pandangan agar TNI mampu melaksanakan tugas pokoknya dengan paripurna, maka TNI harus tetap memegang jati dirinya sebagai tentara rakyat, tentara pejuang dan tentara nasional yang profesional. Implementasinya TNI harus mampu menjadi kekuatan moral dan kekuatan kultural selain kekuatan pertahanan.

"Karena itu semua anggota TNI harus memiliki keunggulan moral, rela berkorban dan pantang menyerah. Sikap dan sifat yang demikian memerlukan waktu untuk membangunnya,” tegasnya.

Menurut Hadi Tjahjanto, pendidikan seperti di SMA Taruna Nusantara merupakan salahsatu upaya penyemaian sifat-sifat terpuji dan pembentukan sumberdaya manusia yang berkarakter itu. “Karena itu seluruh siswa SMA Taruna Nusantara patut bersyukur telah terpilih menjadi siswa SMA Taruna Nusantara dan selanjutnya setiap siswa harus memanfaakan waktu dan peluang ini dengan sebaik-baiknya untuk meningkatkan kemampuan diri,” jelasnya.

Panglima TNI mengaku selalu bangga kepada SMA Taruna Nusantara, apalagi sering mendapatkan pengalaman yang mengesankan saat berinteraksi dengan banyak alumni SMA Taruna Nusantara di waktu lalu maupun saat ini. Bahkan saat Hadi Tjahjanto berpangkat Mayor Penerbang, Hadi sempat melatih terbang 35 perwira pertama berpangkat Letnan Dua, dan seluruhnya berhasil lulus menjadi penerbang.

“Sebagian besar diantara 35 perwira pertama itu lulusan SMA Taruna Nusantara, termasuk lulusan terbaiknya. Juga saat ini, perwira-perwira pertama dan perwira menengah terbaik yang diambil dari berbagai matra yang diminta untuk membantunya sebagai Panglima TNI ternyata berasal dari SMA Taruna Nusantara,” ungkapnya.

Pada kesempatan menjawab pertanyaan siswa, Panglima TNI memberi nasihat agar seluruh siswa SMA Taruna Nusantara selain memiliki karakter juga harus mempunyai komitmen untuk selalu memberikan karya terbaiknya bagi masyarakat, bangsa, negara bahkan dunia. Panglima TNI juga meyakinkan seluruh siswa agar belajar hidup prihatin karena dengan begitu akan mendorong pembentukan diri sendiri menjadi seseorang yang kuat, tabah, pantang menyerah dan mandiri. (*)

BERITA REKOMENDASI