Siswa SMK TKM Teknik Tamansiswa Kenalkan Robotika

PURWOREJO, KRJOGJA.com – Guna melatih dan menarik minat serta bakat siswa, SMK Taman Karya Madya (TKM) Teknik Tamansiswa Kabupaten Purworejo, memperkenalkan siswanya dengan teknologi robotika. Kegiatan yang dikemas dengan workshop robotika ini sekaligus sebagai daya tarik bagi siswa baru untuk masuk jurusan Teknik Instalasi Tenaga Listrik (TITL) yang menjadi andalan sekolah.

“Ini sekaligus menjadi kesempatan pada siswa untuk menghubungkan pelajaran yang mereka dapatkan menjadi sebuah teknologi yang produktif di masa sekarang dan yang akan datang,” kata Kepala  SMK TKM Teknik Tamansiswa Purworejo Ki Gandung Ngadina SPd MPd, Sabtu (11/1).

Di sela-sela kegiatan Work Shop Robotika yang bekerjasama dengan Institut Saind dan Teknologi AKPRIND Yogya ini, Ki Gandung Ngadina menjelaskan, bahwa kegiatan yang menyertakan 140 siswanya dan guru TITL ini sekaligus untuk melatih berfikir kreatif, terstruktur, kerjasama team serta memanajemen waktu. “Melalui kegiatan ini setiap peserta dituntut untuk mengenal dasar robotik, serta melakukan perancangan perangkat keras dan lunak robot line fllower,” jelasanya.

Pada kesempatan itu Beny Sirman ST Eng dari tim Robotika AKPRIND mengatakan, bahwa dalam kegiatan ini sekaligus akan melatih para siswa untuk merakit robot, yang kedepan dapat berkompetisi dengan pelajar lain.

“Sebagai informasi, untuk setiap akan digelar lomba pasti akan digelar work shop terlebih dahulu,” tambahnya.

Sementara itu Drs Hamdi selaku pengawas 

Kebudayaan wilayah 8 Jawa Tengah mengakui jika kegiatan ini mampu membangkitkan siswa untuk tidak hanya belajar, tapi juga terus berlatih.  “Meskipun ini tidak ada dalam kurikulum, para siswa harus tetap didekatkan dengan teknologi sesuai perkembangannya,” katanya. (Nar)

 

BERITA REKOMENDASI