Siswa SMP Muhammadiyah Plus Gunungpring Student Exchange ke Malaysia dan Umrah Bersama

Editor: KRjogja/Gus

MAGELANG, KRJOGJA.com – Beberapa siswa SMP Muhammadiyah Plus (M-Plus) Gunungpring Muntilan Magelang mengikuti program student exchange ke Malaysia, Senin (16/12/2019), untuk kemudian melanjutkan perjalanan ke Saudi Arabia untuk mengikuti program serupa dan program umrah bareng disertai orangtua maupun saudara atau keluarga.

Hal ini dibenarkan Kepala SMP Muhammadiyah Plus Gunungpring Muntilan Efi Nurul Utami SPd kepada KRJogja.com. Program student exchange sudah beberapa kali dilakukan, hanya saja tahun ini disertai dengan program umrah bersama. Dalam program student exchange ini siswa masuk ke sekolah yang dituju dan mengikuti proses belajar-mengajar maupun lainnya, sehingga siswa mengetahui budaya apa yang diterapkan dan siswa akan mudah beradaptasi.

Dikatakan, para siswa maupun lainnya berangkat dari SMP Muhammadiyah Plus Gunungpring Muntilan, Minggu (15/12/2019) malam, untuk menuju ke Malaysia lewat Bandara Adi Sumarmo Surakarta. Di Malaysia, student exchange dilaksanakan di International Islamic University Malaysia (IIUM), yaitu ke Institute for Halal Research and Training (INHART).

Di tempat ini diantaranya untuk melihat prosesnya semacam apa, laboratoriumnya bagaimana caranya untuk sampai dengan setiap makanan yang dikontrol di tempat ini untuk kemudian diberi label halal. "Sehingga kita tahu benar prosesnya," kata Efi.

Dikatakan Efi Nurul Utami, muncul keinginan untuk mem-branding bahwa sekolah harus memiliki sesuatu yang berbeda, dan posisinya diharapkan harus benar-benar menjaga eksistentinya. Sebagai sebuah sekolah swasta akan dipertanyakan eksistensinya manakala tidak memiliki sesuatu yang berbeda dan lebih bagus dibanding lainnya serta lebih menonjol.

Apalagi di saat sistem zonasi, orang benar-benar akan memilih ketika mereka menjatuhkan pilihannya ke sekolah semacam apa yang benar-benar sekolah tersebut bisa dibilang favorit. "Disini ditonjolkan akhlakul karimah, prestasi, karakter Islami dan juga bermental juara," katanya. (Tha)

BERITA REKOMENDASI