Siswi SDN 01 Wirun Juara Lari 10 K Gala Desa

Editor: KRjogja/Gus

PURWOREJO, KRJOGJA.com – Febrian Tri Nurhayati, siswi kelas 5 SDN 01 Wirun Kutoarjo, berhasil menjuarai lomba atletik lari 10 K kategori putri, Sabtu (23/11). Atlet cilik itu menorehkan waktu 57 menit 00 detik 01 milidetik.

Kompetisi tersebut mengambil start di Jalan Gajah Mada, Swalayan Laris, Desa Bandungrejo Bayan dan finis di jalan depan kantor Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dindikpora) Purworejo. Sebanyak 200 atlet lari berbakat ikut dalam kompetisi.

Febri langsung merangsek ke barisan depan dan mempertahankan posisinya hingga finis. Febrian terpaut enam menit dari juara dua putri Resti Destyana, siswi SMK Bhakti Putra Bangsa Purworejo.

Febri mengaku bangga dengan kemenangan di gala desa itu. "Ini buah latihan saya selama ikut ekstrakurikuler atletik sejak kelas 4. Saya bangga bisa mengalahkan atlet yang lebih senior," ujarnya kepada KRJOGJA.com.

Pelatih dan guru olahraga SDN 01 Wirun, Gilang Permana mengatakan, Febri merupakan atlet berbakat yang sudah menorehkan sedikitnya tiga juara. "Dia juara gala desa dua kali dan menang lomba lari Kebumen 10 K, juga finis ke 20 lomba tingkat Jawa Tengah," tuturnya.

Sementara itu, Kepala Dindikpora Purworejo Sukmo Widi Harwanto mengemukakan, gala desa merupakan upaya pemerintah menjaring atlet berprestasi dari tingkat desa. Kabupaten Purworejo menyelenggarakan gala desa dengan anggaran Rp 150 juta.

Sukmo berharap kompetisi olahraga antardesa itu bisa memunculkan atlet berbakat. "Misal pada lari putri dimenangkan anak kelas 5 SD yang fisiknya tidak seperti remaja SMA. Ini tentu potensi, harus terus dibina dan dikawal, sehingga Febri kelak bisa menjadi atlet andalan Purworejo," tandasnya.(Jas)

BERITA REKOMENDASI