Situasi Sedang Sulit, Dirgahayu Purworejo Tanpa Prosesi Hari Jadi

PURWOREJO, KRJOGJA.com – Untuk pertamakalinya peringatan hari jadi Kabupaten Purworejo tahun 2018 ini tanpa kegiatan prosesi, yang biasanya menceritakan sejarah terbentuknya Kabupaten Purworejo. Bahkan rapat paripurna istimewa DPRD yang biasanya digelar setiap tanggal 5 Oktober, tahun ini juga ditiadakan.

“Kita hanya akan menggelar tari kolosal Kayu Arahiwang di Alun-alun besar Purworejo pada 20 Oktober mendatang,” kata Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Purworejo Agung Wibowo AP, Jumat (5/10/2018).

Tidak adanya prosesi hari jadi ini menurut Agung Wibowo, hanya karena situasi yang belum memungkinkan. Masih ada pihak yang belum bisa sepenuhnya menerima hari jadi dengan tanggal 5 Oktober. “Untuk mengakomodir semua itu, maka kegiatan prosesi hari jadi yang ke 1117 ini untuk tahun ini ditiadakan. Bahkan praktis pada tanggal 5 Oktober tidak ada kegiatan apa-apa,” jelasnya.

Namuin Dinas Pariwisata dan Kebudayaan menjadwalkan tanggal 20 Oktober malam besok akan ada perhelatan sendratari massal yang akan melibatkan banyak seniman dari berbagai sanggar. “Sendratari ini juga menggambarkan tentang terjadinya wilayah Purworejo,” katanya.

Kegiatan ini katanya, sekaligus memberikan hiburan rakyat, sehingga akan digelar di alun-alun dan dapat ditonton secara leluasa. (Nar)

BERITA REKOMENDASI