Siwaslu, Aplikasi Andalan Pengawasan Pilkada

PURWOREJO, KRJOGJA.com – Aplikasi sistem pengawas pemilu (Siwaslu) bakal dijadikan andalan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Purworejo dalam mengawasi tahapan pemungutan suara dan penghitungan suara pada Pilkada 2020.

“Para anggota pengawas kecamatan hingga Pengawas Kelurahan/Desa (PKD) se Purworejo sudah kami beri bimbingan teknis (bimtek) untuk menggunakan sistim ini,” kata Koordinator Divisi Pengawasan dan Hubungan Antar Lembaga Bawaslu Purworejo Anik Ratnawati SPd, Selasa (8/12).

PKD katanya, juga melakukan praktik menggunakan aplikasi Siswaslu yang akan digunakan pada tahapan pemungutan suara nanti. “Bimtek PKD dipersiapkan khusus untuk pengawasan pemungutan dan penghitungan suara pada hari pelaksanaan pemungutan suara,” jelasnya.

Ditegaskan bahwa, Pengawas Pemilu Kelurahan/Desa dan Pengawas TPS wajib menggunakan aplikasi siwaslu, karena semua laporan pengawasan tahapan pemilihan pemungutan dan penghitungan suara nanti harus dilaporkan melalui aplikasi ini. “Panwaslucam akan bisa mengecek hasil laporan PKD dan PTPS juga melalui aplikasi Siwaslu,” katanya.

Siwaslu merupakan sebuah sistem teknologi informasi yang digunakan pengawas pemilu mulai tingkat kecamatan hingga pengawas di TPS. “Sistim pengawasan ini akan memudahkan pengawas pemilu dalam melaporkan semua kejadian dan peristiwa yang dilihat dan didengar dalam proses pelaksanaan pemungutan dan penghitungan suara,” tambahnya. (Gnr)

 

BERITA REKOMENDASI