SIWO PWI Gelar Kejuaraan Arung Jeram Antar Wartawan di Sungai Bogowonto

PURWOREJO, KRJOGJA.com – Seksi Wartawan Olahraga (SIWO) Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Purworejo menggelar Kejuaraan Arung Jeram nomor Head To Head antar wartawan di wilayah Kedu, di Sungai Bogowonto, Dusun Tlepo, Desa/Kecamatan Loano, Purworejo, Minggu (15/12/2019). Empat tim dari beberapa komunitas wartawan yang bertugas di Kabupaten Purworejo dan sekitarnya, ambil bagian dalam kompetisi. 

Baca Juga: Wartawan Indonesia yang Tertembak Saat Demo Hong Kong Menuntut Keadilan

Kejuaraan tersebut merupakan adu cepat mendayung perahu, dengan lintasan sungai sejauh seratus meter. "Kami selenggarakan di titik sungai yang arusnya tenang, tapi di trek Dusun Tlepo itu, ada beberapa batu sebagai penghalang," kata Ketua SIWO PWI Purworejo, Hendri Utomo, kepada KRJOGJA.com.

Empat tim yang ambil bagian menamakan diri PWI Purworejo, SIWO 1, SIWO 2 dan PWOI Purworejo. Setiap tim terdiri atas enam atlet, empat diantaranya wartawan dan dua lainnya atlet Federasi Arung Jeram Indonesia (FAJI) Purworejo. Puluhan wartawan itu beradu cepat mendayung menuju garis finis.

Selain itu, SIWO juga menggelar eksebisi melibatkan lima tim, yakni Kodim 0708 Purworejo, Polres Purworejo, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Purworejo, dan dua dari FAJI Purworejo. Kejuaraan juga merupakan rangkaian Hari Pers Nasional (HPN) 2020.

Menurutnya, kompetisi diselenggarakan bekerjasama dengan FAJI Purworejo karena SIWO PWI Purworejo juga punya misi mengangkat potensi atlet dayung lokal. "Kami melihat FAJI Purworejo memiliki prestasi yang bagus, artinya Purworejo berpotensi menjadi lumbung atlet dayung. Kami berharap kompetisi bisa jadi ajang latihan sekaligus mempromosikan olahraga arung jeram di Sungai Bogowonto," terangnya.

Ajang tersebut, lanjutnya, juga upaya SIWO PWI Purworejo dalam mengolahragakan jurnalis yang bertugas di Purworejo dan sekitarnya. "Kami sadar masih sulit berolahraga, apalagi yang sifatnya rutin, karena tentunya kesibukan menjalankan profesi. Maka harapan dengan olahraga bersama lintas komunitas jurnalis ini, kami bisa semakin giat beraktivitas fisik," tegasnya.

Kejuaraan dibuka Wakil Bupati Purworejo Yuli Hastuti SH, didampingi Plt Ketua KONI Purworejo Gunarwan SE. Yuli menyerahkan dayung kepada perwakilan atlet putri dan helm keselamatan kepada seorang atlet wartawan. Wakil bupati juga mengibarkan bendera start eksebisi tim Kodim 0708 Purworejo melawan FAJI Purworejo.

Plt Ketua KONI Purworejo Gunarwan SE mengatakan, kegiatan tersebut merupakan bagian dari misi mengolahragakan masyarakat yang terus diupayakan KONI Purworejo. KONI melihat banyaknya atlet potensial di pelosok Purworejo, namun prestasinya belum terlihat. "Sebab mereka rata-rata tidak masuk cabang olahraga (cabor) KONI, jadi kesulitan menemukan jalur prestasi. Maka dengan kami sosialisasi ke desa, termasuk lewat kompetisi, harapan kami atlet berpotensi ini bisa terangkat dan mengharumkan Purworejo," tuturnya.

Baca Juga: Harapan Baru, Rombongan Transmigrasi Kebumen Tiba di Tanjungbuka Bulungan

Wakil Bupati Yuli Hastuti menambahkan, pemkab mengapresiasi adanya kompetisi tersebut. Selain bertujuan memasyarakatkan olahraga, ajang itu juga dapat mengangkat potensi wisata yang dimiliki Sungai Bogowonto. "Maka perlu sinergi yang baik antara pemerintah dengan media, termasuk lewat kegiatan olahraga, sehingga mampu menggerakkan perekonomian setempat, dan akhirnya pembangunan juga berjalan," tandasnya.

Dalam kompetisi itu, tim PWI Purworejo yang terdiri atas Mahestya Andi (Suluh.co), Mukti Ali (Purworejo.sorot.co), Lukman Khakim dan Eko Sutopo dari Harian Magelang Ekspress, menjadi jawara. Disusul tim SIWO 1 yang terdiri Marni (rmol.co), Jarot (Kedulatan Rakyat), Heksa (Detik.com), dan Widarto (Bagelen Channel) juara kedua. Juara ketiga diraih tim SIWO 2 terdiri atas Hendri Utomo (Radar Jogja), Arief Gam (Reviensmedia.com), Yudia (Purworejonews.com), dan Andi Riyanto (Kebumen Ekspress) harus puas di posisi ketiga.(Jas)

BERITA REKOMENDASI