SMK Bhumi Phala Buat Film Animasi Pesanan Stasiun TV Negara Asing

Editor: Ivan Aditya

TEMANGGUNG, KRJOGJA.com – SMK Bhumi Phala Parakan membuat film animasi berjudul ‘Kunci Galaksi’ pesanan Serawak TV, sebuah stasiun televisi di Malaysia. Sebelumnya SMK tersebut pada 2016 menggarap proyek animasi pesanan dari perusahaan Animasi Silver Corp Singapura tahun 2016.

Kepala SMK Bumi Phala, Slamet Purwanto mengatakan SMK Bhumi Phala dipercaya untuk menggarap film animasi 2 D pesanan Serawak TV dengan bekerja sama dengan Funymotion. “Dalam pembuatan film animasi, kami antara lain kebagian dalam pewarnaan,” kata Slamet Purwanto, Jumat (11/02/2022).

Disampaikan pengerjaan film dilakukan oleh Tim yang terdiri dari 16 siswa dengan bimbingan guru pengajar dan staf dari Funymotion Yogyakarta. Dikemukakan langkah ini sebagai langkah awal, karena kedepan akan membuat film animasi sendiri yang materi dari kearifan lokal Temanggung, termasuk dubbing dengan dialek Temanggungan.

Bupati Temanggung Al Khadziq mengapresiasi kerjasama pembuatan film animasi yang merupakan wujud dalam pengembangan industri kreatif. Pemkab berharap dengan kerjasama ini menambah semangat dan menambah kepercayaan SMK Bhumi Phala pada industri dunia kreatif di Temanggung.

“Bahwa ternyata sumber daya kreatif atau kreator dari Temanggung tidak diragukan, dapat pengakuan dan mendapat bayaran,” kata dia.

Dia mengatakan Temanggung memiliki banyak kreator yang telah malang melintang di dunia nasional dan internasional. Menurut dia sangat sulit untuk mengejar pariwisata di Magelang yang punya Borobudur dan Wonosobo dengan Dieng. Tetapi Temanggung mempunyai sumber daya kreatif, yang mampu untuk meningkatkan kesejahteraan dan kini terus eksis.

“Harapan, dunia kreatif di Temanggung bergeliat karena dunia kreatif tidak terpengaruh pandemi Covid-19. Dan justru semakin tumbuh dan menjadi ladang pekerjaan yang baru,” kata dia.

Pimpinan FunyMotion, Susilo Dwi Mulanto mengatakan dipilihnya SMK Bhumi Phala sebab satu-satunya SMK di Temanggung yang ada konsentrasi pada multimedia terutama animasi. “Guru-guru di SMK Bhumi Phala pernah ikuti pelatihan membuat film animasi serta pernah bekerjasama dalam pengerjaan proyek animasi sebelumnya,” kata dia.

Pembuatan film animasi telah sesuai dengan standar industri internasional sehingga siswa jika terjun ke dunia industri tidak lagi belajar. Seorang siwa Afif Faturohman mengatakan membutuhkan kecermatan dan ketekunan dalam pembuatan film animasi. “Saya senang bisa terlibat langsung dalam pembuatan film animasi ini, banyak ilmu yang bisa diserap,” kata dia. (Osy)

BERITA REKOMENDASI