SMK TKM Tamansiswa Bidik Industri Besar

Editor: Ivan Aditya

PURWOREJO, KRJOGJA.com – Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Taman Karya Madya (TKM) Tamansiswa Kabupaten Purworejo membidik industri-industri besar tanah air yang dapat diajak untuk bekerjasama. Tujuannya agar para siswa mampu mengaplikasikan ilmunya dan memberikan wawasan lebih luas kepada para siswa.

“Indutri-insdustri besar yang sudah menjalin kerjasama juga kami manfaatkan untuk kegiatan magang/praktik para guru,” kata Kepala SMK TKM Tamansiswa Purworejo Ki Gandung Ngadina SPd, Selasa (17/09/2019).

Usai gelar upacara yang sekaligus dirangkai dengan penyerahan berbagai tropi kejuaraan oleh Wakil Bupati (Wabup) Purworejo Hj Yuli Hastuti SH di SMK setempat, Ki Gandung Ngadina menjelaskan, bahwa kegiatan praktik bagi para siswa di berbagai perusahan atau industri besar ini akan memberikan wawasan sekaligus membuka cakrawala para peserta didik sehingga mampu mengembangkan ilmunya yang didapat di sekolah.

Berbagai perusahaan yang sudah menjalin kerjasama dengan SMK ini diantaranya PT Pama Kalimantan yang bergerak dibidang penambangan, PT Bahana Teknik Bogor, PT Platinum Plasma dan lainnya. “Kami juga sedang membidik untuk menjalin kerjasama dengan perusahaan senjata PT Pindat Bandung,” jelas Ki Gandung Ngadina seraya menambahkan, perusahaan yang sudah menjalin kerjasama itu sekaligus sebagai penyelarasan kurikulum dan perekrutan tenaga kerja.

Pada kesempatan itu Hj Yuli Hastuti menambahkan bahwa,pendidikan kejuruan memiliki peran untuk menyiapkan peserta didik agar siap bekerja, baik bekerja secara mandiri (wiraswasta) maupun mengisi lowongan pekerjaan yang ada. (Nar)

BERITA REKOMENDASI