SMPN 5 Purwokerto Buka Rental Gamelan Gratis

Editor: Ivan Aditya

BANYUMAS (KRjogja.com) – Umumnya rental musik bentuknya adalah studio musik diatonis atau ruang musik band. Tetapi SMPN 5 Purwokerto menggebrak hal baru, yakni rental gratis studio musik gamelan. Siswa dari sekolah manapun diperbolehkan untuk memainkan gamelan di tempat ini bahkan berlatih bersama para pelajar SMPN 5 Purwokerto.

Kepala SMP Negeri 5 Purwokerto, Ibnu Tavip Martapa mengatakan, kegiatan belajar menubuh gamelan di sekolahnya amat terbuka. Artinya siapapun yang berkeinginan pihaknya siap membuka studio gamelan dan pihaknya juga menyediakan tutor pelatih secara gratis pula.

"Kami siap meluangkan waktu, tenaga pengajar serta saranananya. Kegiatan ini bisa untuk sesama pelajar SD,SMP, SLTA, Mahasiswa bahkan guru serta masyarakat yang berminat. Bahkan sekolah kamipun pernah digunakan untuk latihan bagi penyandang tunanetra,” katanya disela pembukaan studio gamelan sekolah setampat, Senin (22/08/2016).

Sekolah ini juga terbuka untuk konsultasi untuk seni rupanya. Harapan kedepan dengan dijadikan sebagai tempat berlatih maka sekolah ini dapat membantu mengembangkan serta melestarikan seni budaya di Purwokerto. (Ero)

BERITA REKOMENDASI