Sobek dan Gambarnya Kotor, 35 Lembar Surat Suara Ini Dimusnahkan

MAGELANG, KRJOGJA.com – Beberapa lembar surat suara Pemilihan Gubernur dan Pemilihan Wakil Gubernur Jawa Tengah 2018 yang masih tersisa di KPU Kota Magelang dimusnahkan dengan cara dibakar, Selasa (26/6/2018) sore. Kegiatan pemusnahan yang dipimpin Ketua KPU Kota Magelang Basmar Perianto Amron dilaksanakan di halaman belakang Kantor KPU Kota Magelang.

Selain beberapa anggota KPU Kota Magelang, kegiatan pemusnahan juga dihadiri Ketua Desk Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Tangan tahun 2018 tingkat Kota Magelang Drs Sugiharto, Ketua PN Kota Magelang, Kasi Intel Kejaksaan Negeri Kota Magelang, Ketua Bawaslu Kota Magelang, perwakilan dari Polres Magelang Kota maupun lainnya.

Ketua KPU Kota Magelang mengatakan sesuai dengan aturan apabila sehari sebelum pemungutan suara masih ada sisa surat suara, diharuskan untuk dimusnahkan. Sisa surat suara bisa berasal karena surat suara yang rusak, bisa karena pengiriman yang melebihi kebutuhan yang diperlukan di suatu wilayah.

Untuk Kota Magelang, lanjutnya, surat suara yang dibutuhkan sejumlah daftar pemilih tetap (DPT) ditambah dengan 2,5 persen dari jumlah surat suara yang ada setiap TPS. Surat suara keseluruhan ada 89.294, dan ditambah cadangan 2,5 persen, sehingga jumlah keseluruhan sekitar 91.626.

Jumlah surat suara yang diterima dari KPU Provinsi Jawa Tengah sebanyak 91.661 lembar, dan jumlah surat suara yang rusak 35 lembar (16 lembar yang gambarnya kotor, 16 lembar sobek dan 3 lembar ada bagian garis yang terpotong. "Dari 91.661 lembar dikurangi 35 lembar, jumlah surat suara yang didistribusikan ke PPS sebanyak 61.626 lembar," katanya.(Tha)  

BERITA REKOMENDASI