Sopir Bus Malam Jalani Tes Narkoba

TEMANGGUNG, KRJOGJA.com -Sejumlah pengemudi bus malam dan angkutan umum yang singgah di terminal Madureso Temanggung menjalani tes narkoba yang dilakukan BNN Kabupaten tersebut, Senin (30/12) sore.

Kepala BNN Kabupaten Temanggung AKBP Renny Puspita mengatakan pemeriksaan untuk memastikan mereka terbebas dari pemakaian dan penyalahgunaan narkoba saat mengemudi. " Penggunaan narkoba saat mengemudi akan membahayakan sebab pengemudi tidak dapat konsentrasi," kata Renny Puspita.

Dikatakan pengemudi diharuskan menjalani pemeriksaan denyut nadi dan mata, selain tes urine. Pengemudi yang menjalani tersebut adalah pengemudi angkutan umum, berupa angkutan pedesaan dan bus malam.

" Kami kerjasama dengan pengelola terminal, pengemudi yang masuk terminal lantas disuruh untuk menjalani tes," katanya.

Dikemukakan hasil pemeriksaan, semua negatif dalam pemakaian dan penyalahgunaan narkoba. Hasil komunikasi dengan paguyuban awak kendaraan umum dan perusahaan oto bus, juga menyambut adanya pemeriksaan atau tes narkoba, sebab dampaknya buruk untuk eksistensi perusahaan, yakni berupa buruknya pelayanan saat mengemudi dan terparah terjadi kecelakaan.

" Kami juga sosialisasi pada pengemudi untuk menjauhi narkoba, kepercayaan pengemudi narkoba bisa untuk suplemen kuat mengemudi, tetapi itu tidak benar sebab justru merusak tubuh dan menuju pada kecelakaan," katanya.

Dikemukakan menjelang pergantian tahun dan di musim libur, terjadi peningkatan penumpang pengguna bus malam, sehingga pihaknya berinisiatif memeriksa pengemudi apakah terbebas dari narkoba atau belum.  Kedepan pemeriksaan juga pada sopir bus pariwisata.

Seorang pengemudi Bus Malam Murni Jaya, Suharno menyambut positif tes narkoba oleh BNN. Hasil tes dirinya negatif. " Tes meningkatkan kepercayaan bahwa dirinya bebas narkoba. Masyarakat juga senang pengemudinya bebas narkoba," katanya sembari menyatakan perusahaan telah melarang awak kendaraan menggunakan narkoba. (Osy)

BERITA REKOMENDASI