Sosialiasikan ‘New Normal’, Bupati Wonosobo Kunjungi Pesantren

Editor: Ivan Aditya

WONOSOBO, KRJOGJA.com – Sosialiasikan New Normal (tatanan normal baru), Bupati Wonosobo Eko Purnomo bersama Ketua DPRD Afif Nurhidayat, Kapolres AKBP Fannky A Sugiharto, Dandim 0707 Letkol Czi Wiwid Wahyu Hidayat beserta jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) mengunjungi sejumlah pondok pesantren (ponpes) di Kabupaten Wonosobo, Selasa (02/06/2020).

Bupati Wonosobo Eko Purnomo mengatakan kunjungan ke sejumlah pesantren ternama, seperti Ponpes Al Mubarok, Al Anwar dan Al Asyariyah tersebut merupakan upaya dari tindak lanjut rencana pemberlakuan New Normal atau tatanan hidup normal baru dalam masa pandemi virus korona (Covid-19).

Kepada para pengasuh ponpes, Bupati juga menerangkan New Normal bukanlah kebiasaan normal seperti sebelum terjadi wabah Covid-19, melainkan merupakan tatanan kehidupan baru yang harus dijalani selama masa pandemi wabah virus korona.

“Jadi, New Normal bukan berarti membiarkan warga beraktivitas di luar rumah seperti biasa, tetapi beraktifitas dengan berbagai pembatasan dan perlindungan diri sesuai protokol kesehatan dalam upaya mencegah penyebaran virus korona yang hingga saat ini belum di temukan vaksin penawarnya tersebut,” tuturnya.

Sejauh ini untuk menuju pemberlakuan New Normal di Wonosobo masih dalam kajian mendalam oleh tim gugus tugas di tingkat kabupaten. Tahap pertama adalah melakukan sosialisasi ke seluruh lapisan masyarakat, sehingga ketika waktu yang tepat pemberlakuan New Normal telah ditentukan, segala sesuatunya sudah siap dan bisa dijalankan sesuai ketentuan.

“Yang jelas, tatanan normal baru adalah memungkinkan masyarakat melakukan kegiatan sehari-hari dengan berbagai ketentuan dan pembatasan tertentu sesuai protokol kesehatan. Hal itu dilakukan selain mencegah penyebaran penularan Covid-19, juga untuk membangkitkan kembali sektor ekonomi masyarakat yang sempat terpuruk,” pungkasnya. (Art)

BERITA REKOMENDASI