Sosialisasi Operasi Patuh Candi Melalui Gowes

Editor: Ivan Aditya

MAGELANG, KRJOGJA.com – Kegiatan olahraga bersepeda atau gowes bersamaan dengan kegiatan Operasi Patuh Candi Tahun 2020 dilaksanakan di Kota Magelang, Sabtu (010/8/2020). Sambil menyusuri beberapa ruas jalan protokol di wilayah ‘Kota Sejuta Bunga’ sosialisasi mengenai Operasi Patuh Candi Tahun 2020 juga dilaksanakan, bahkan edukasi berkaitan dengan protokol kesehatan di masa pandemi Covid-19 juga dilakukan.

Tidak hanya diikuti anggota Sat Lantas Polres Magelang dan beberapa anggota dan pejabat utama Polres Magelang Kota, kegiatan ini juga diikuti tim dari Dinas Perhubungan Kota Magelang. Selain tetap memperhatikan protokol kesehatan, selama kegiatan berlangsung juga terus memperhatikan ketentuan rambu-rambu lalu lintas, diantaranya bersepeda dengan menyusuri ruas jalan khusus bagi sepeda atau jalur lambat, menjaga jarak, tetap memakai masker maupun lainnya.

Kapolres Magelang Kota, AKBP Nugroho Ari Setyawan mengatakan ada tiga hal yang diupayakan, yaitu persiapan dalam rangka Idul Adha 1441 H dan paska Idul Adha 1441 H, menegakkan protokol kesehatan dan menegakkan peraturan Lalu Lintas. Dalam penegakan peraturan Lalu Lintas salah satunya adalah yang sekarang menjadi bahan diskusi di beberapa lokasi berkaitan dengan bagaimana hubungan antara pengguna sepeda, pejalan kaki dan pengguna kendaraan bermotor.

Pesepeda saat ini cenderung dominan di jalan raya. Ini menjadi perhatian publik, bagaimana seharusnya mengatur pengguna sepeda di jalan raya sehingga tidak mengganggu ketertiban umum di jalan raya.

Kegiatan gowes ini juga merupakan salah satu langkah Sat Lantas Polres Magelang Kota dalam rangka mensosialisasikan. Di Kota Magelang sudah ada jalur bagi pesepeda, sehingga mudah untuk mensosialisasikan mengenai bagaimana seharusnya bersepeda saat berada di jalan raya.

“Meskipun mungkin ini belum tentu efektif karena belum terbiasa,” katanya. Langkah awal ini diharapkan dapat berlangsung terus dimasyarakatkan bersama, sehingga mendatang bersepeda di Kota Magelang dapat lebih tertib, melancarkan kegiatan masyarakat di jalan raya. (Tha)

BERITA REKOMENDASI