Souvenir Militer Wibowo Diminati

Editor: KRjogja/Gus

MAGELANG (KRJogja.com) – Keberadaan instansi militer dengan beberapa aktivitasnya di Kota Magelang menjadi gagasan menarik pada diri Darwo Wibowo (43) warga komplek Perumahan Tidar Indah Kota Magelang. Karya unik berbahan fiberglass berhubungan dengan dunia militer menarik perhatian.

Hasil kreasi Wibowo mulai dari gantungan kunci, dompet kecil untuk tempat SIM maupun STNK, miniatur patung Taruna, baju seragam taruna ukuran kecil, medali, plakat, cinderamata berupa pedang Taruna yang berada di wadah khusus maupun lainnya.

Ditemui wartawan di tempat kerjanya, Selasa (28/3/2018), Wibowo mengatakan ia bukan berasal dari keluarga militer, ia berasal dari keluarga orang umum. Sejak tahun 2006 lalu ia mulai menggeluti dunia souvenir militer ini. Namun sebelumnya ia pernah mencoba mengais rezeki di Kota Magelang dengan usaha lain, namun hasilnya dirasa kurang menjanjikan. Keberadaan Kota Magelang sebagai Kota Militer memunculkan gagasan menarik bagi Wibowo untuk membuat produk souvenir militer, dan kebetulan pada diri suami Winarni sebelumnya sudah ada jiwa seni. 

Hingga tahun 2018 ini sudah banyak karya yang dihasilkan, bahkan tidak hanya dari Magelang pesanan datang kepadanya. Pesanan ada yang datang langsung ke tempat kerjanya, tetapi ada juga yang lewat jalur online. Wibowo juga sering mendapatkan pesanan dari beberapa toko di Magelang yang menjual beberapa jenis souvenir militer.

Berkaitan dengan ini Kasubbag Publikasi dan Pemberitaan Humas Kota Magelang Anggit Pamungkas mengatakan untuk mengangkat potensi UMKM, sebulan sekali pihaknya melakukan blusukan dengan pihak terkait ke UMKM potensial agar makin dikenal masyarakat luas. ia berharap agar pelaku UMKM terus berinovasi agar produknya bisa bersaing di pasaran.  

Kasi Monitor, Evaluasi dan Fasilitasi Industri Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Magelang Hetty K secara terpisah kepada wartawan mengatakan pihaknya sering mendampingi dan fasilitasi bidang pemasaran, khususnya berkaitan dengan pameran-pameran. Dalam kegiatan Magelang Expo tahun 2018 di Gedung Tri Bhakti Kota Magelang, beberapa waktu lalu, Wibowo juga disediakan lokasi tersendiri. Di awal Bulan Mei 2018 juga akan ditampilkan mengikuti pameran dalam kegiatan Magelang Fair di alun-alun Kota Magelang. Demikian juga fasilitasi beberapa pameran di luar Kota Magelang. 

Dilihat dari kapasitas Wibowo yang banyak memperoleh pesanan, lanjut Hetty K, sebenarnya sudah ada peluang, diantaranya dalam memberdayakan masyarakat sekitar, menjadikan Wibowo sebagai nara sumber dalam kegiatan pelatihan atau menjadi motivator dan praktisi. (Tha)

BERITA REKOMENDASI