SPAM Selesai Dibangun, Warga Sawangan Nikmati Air Bersih

Editor: KRjogja/Gus

MAGELANG, KRJOGJA.com – Warga Desa Krogowanan, Kecamatan Sawangan, Kabupaten Magelang, menggelar tasyakuran secara sederhana setelah bisa menikmati air bersih melalui Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) yang dibangun Kementrian PUPR. Ada 750 sambungan rumah (SR) yang mengalir ke 12 dusun di Desa Krogowanan, Kecamatan Sawangan, Kabupaten Magelang.

Kepala Desa Krogowanan, Kecamatan Sawangan, Sigiyono Sabtu (27/12/2020) mengatakan, sebelum adanya SPAM ini, warga didesanya memanfaatkan air kurang bersih. Bahkan saat musim penghujan, air sering berwana keruh. “Dahulu warga memanfaatkan air yang mengalir dari aliran sungai, maka saat musim hujan tiba, maka air yang dialirkan melalui sungai itu, kurang bersih. Namun sekarang, warga sudah bisa menikmati air sumber yang bersih,” katanya.

Pembangunan SPAM ini, kata Sugiyono, merupakan aspirasi warga yang disampaikan kepada anggota Komisi V DPR RI dari Fraksi PDI Perjuangan, Ir Sudjadi. “Atas aspirasi itulah, kemudian Kementrian PU PR melalui Balai Besar Prasarana Permukiman Wilayah Jateng, membangun instalasi air bersih untuk warga tersebut,” jelasnya.

Sementara Kepala Balai Prasarana Permukiman Wilayah Jateng, Cakra Nagara menyatakan, jika untuk memenuhi kebutuhan air layak di Desa Krogowanan, pemerintah telah membangun SPAM dengan memanfaatkan sumber mata air di Desa Ketep, Kecamatan Sawangan. Pembangunan SPAM yang mempunyai kapasitas 5 liter per detik itu, mampu melayani 12 dusun di Desa Krogowanan.

BERITA REKOMENDASI