SR Community TB-HIV Care Aisyiyah Perkuat Kapasitas Program

PURWOREJO, KRJOGJA.com – Guna memperkuat peran serta masyarakat dan organisasi masyarakat sipil NGO dalam program penangulangan TB-HIV secara berkelanjutan, Tim TB-HIV Care  Aisyiyah R-NFM Kabupaten Purworejo menggelar Capacity Building of CSO Program Management and Fundraising. Kegiatan ini sekaligus untuk menjalin sinergisitas dengan berbagai pihak.

“Kami tidak dapat bekerja sendiri dan harus banyak CSO/LSM yang ada  di Purworejo untuk turut diajak serta,”  kata Koordinator TB-HIV Care Aisyiyah Purworejo Siti Nurhayati, Selasa (10/10/2017).

Selama ini perekrutan dan pelatihan kader, serta pendataan suspect pada daerah pembagian terus dilakukan. Bahkan sejak Januari 2017 dilaksanakan progam  terdata dari para kader yang mendata di setiap titik di kecamatan terkumpul data 846 orang suspect.  Dari data itu diketahui ada 52 orang dinyatakan positif TB. TB-HIV Care Aisyiyah merupakan program nasional yang mendapat dukungan dana dari Global Fund.

Capacity Building of CSO Program Management and Fundraising kali ini , sekaligus untuk persiapkan empat tahun ke depan ketika pendanaan dari Global Fund selesai, maka program yang telah dilaksanakan dapat terus berlanjut dengan adanya aliansi yang bekerja bersama mendukung program penanggulangan dan pencegahan TB-HIV di Purworejo.

Pada acara itu dibedah bersama materi dasar manajemen program, yakni pemberdayaan dan pembelajaran proses pembedayaan masyarakat, manajemen progam, konsep dan teknik manajemen program pemberdayaan masyarakat meliputi perencanaan program (logical framework dan perencanaan strategis) dan pengelolaan program serta evaluasi progam kesehatan TB-HIV. Terkait fundraising atau teknik findraising, prinsip dan etika Fundraising Muhammadiyah Aisyiyah, persiapan perencanaan fundraising, analisa mitra potensial dan teknik pembuatan proposal yang baik serta cara memasarkan dengan menawarkan kerjasama.  (Nar)

BERITA REKOMENDASI