Stasiun Kutoarjo Berbenah Hadapi Lebaran

Editor: Ivan Aditya

PURWOREJO, KRJOGJA.com – Stasiun Besar Kutoarjo PT KAI DAOP 5 Purwokerto berbenah memghadapi arus mudik dan balik lebaran 2017. Pengelola stasiun memperbaiki sejumlah infrastruktur pendukung perjalanan, rel, sistem persinyalan, kereta dan lokomotif.

Perawatan kereta merupakan hal rutin yang dilakukan teknisi PT KAI. "Namun menjelang lebaran, intensitas pemeliharaan ditingkatkan. Misalnya cek as roda yang biasanya enam bulan sekali, sekarang semua dicek," ungkap Setiawan, petugas quality control Depo KA Stasiun Besar Kutoarjo, menjawab pertanyaan KRJOGJA.com, Kamis (08/06/2017).

Menurutnya, pengecekan tidak hanya pada as roda saja, melainkan pada seluruh bagian kereta dan lokomotif. Usaha itu dilakukan agar kereta selalu siap sehingga tidak mengganggu perjalanan penumpang.

Selain itu, manajemen stasiun juga memperbaiki sejumlah sara pendukung seperti toilet, petunjuk ketersediaan tiket, layanan check in dan boarding pass. Manajemen mengoperasikan empat konter check ini dan dua boarding pass.

Enam unit layanan diperkirakan cukup melayani penumpang berangkat di stasiun terbesar di Purworejo itu. "Semua sudah siap seratus persen dan beroperasi dengan baik, tinggal jalan saja," ujar Kepala Stasiun Besar Kutoarjo Satrio Andri Nugroho.

Sementara itu, Wakil Kepala Stasiun Besar Kutoaarjo Arief Wahyono menambahkan, manajemen juga akan menjalankan customer mobile mulai H – 10 lebaran. Customer mobile adalah karyawan stasiun yang bertugas membantu konsumen mengatasi persoalan keberangkatan. Bahkan petugas itu dapat menginformasikan ketersediaan tiket bagi calon penumpang.

Selain itu, pihak stasiun juga membina petugas portir barang dan petugas kebersihan agar dapat membantu melayani calon penumpang. "Silakan minta tolong pada portir atau cleaning service, mereka bisa membantu saat check in atau boarding," tandasnya. (Jas)

BERITA REKOMENDASI