Stok Darah Libur Akhir Tahun Aman

Editor: KRjogja/Gus

TEMANGGUNG (KRJOGJA.COM) – Stok darah di Unit Transfusi Darah (UTD) PMI Temanggung dipastikan cukup untuk memenuhi permintaan darah dari sejumlah rumah sakit pada musim liburan akhir tahun ini. Syaratnya, tidak ada kejadian luar biasa yang membutuhkan kantong darah ekstra. 

"Stok darah aman, semoga tidak ada kejadian luar biasa yang membutuhkan kantong darah dalam jumlah banyak," kata Petugas UTD PMI Cabang Temanggung, Tasrif, disela-sela peresmian gedung PMI oleh Bupati Temanggung Mulyadi Bambang Sukarno, Kamis (28/12).

Dia mengemukakan permintaan akan kantong darah dari sejumlah rumah sakit di Temanggung cenderung menurun, sehingga stok di PMI relatif ada dalam jumlah yang aman. Sedangkan pasokan dari pendonor relatif stabil. Berdasar hitungan tersebut diperkirakan stok darah cukup hingga awal tahun baru.

Dia mengatakan produksi darah di PMI Temanggung, mencapai 500-700 kantong darah per bulan, dengan masa ED 30-35 hari. Pada Agustus hingga November, permintaan dibawah produksi sehingga ada yang sampai kadaluarsa dan dimusnahkan.

"Kami musnahkan kantong darah yang kadaluarsa, karena sudah tidak bisa dimanfaatkan. Pemusnahan dengan cara dibakar," katanya. 

Dia mengatakan untuk transfusi darah yang butuh darah baru, PMI menyarankan keluarga membawa anggota keluarga sebagai pendonor pengganti. Ini sesuai dengan permintaan dokter, yang biasanya butuh darah baru adalah kecelakaan dan operasi kasus khusus. 

Dia mengata data per 28 Desember 2017 ini jumlah keseluruhan cadangan darah yang tersedia sebanyak 84 kantong. Perinciannya, Golongan darah A 19 kantong, golongan darah B sebanyak 25 kantong, golongan darah O sebanyak 35 kantong dan golongan darah AB sebanyak 5 kantong. (Osy)

BERITA REKOMENDASI