Sudjadi Inisiasi Program Padat Karya

Editor: KRjogja/Gus

MAGELANG (Krjogja.com) – Anggota DPR RI, Ir Sujadi bersama Kepala Satker Operasi dan Pemeliharaan Sumber Daya Air Serayu Opak Balai Besar Wilayah Sungai Serayu Opak (BBWSSO), Ir Singgih Nurcahya, meninjau lokasi Program Padat Karya Tunai (PKT) untuk perbaikan irigani tersier sepanjang 2.000 meter yang melintasi empat dusun di Desa Grabag, Kecamatan Grabag, Kabupaten Magelang. PKT akan melibatkan sekitar 150 orang petani, dengan anggaran dari pemerintah sebesar Rp 100 juta, Senin (02/04/2018). 

"Irigasi tersier yang melewati empat dusun, melibatkan petani yang menerima manfaatnya, karena irigasi untuk memperlancar aliran air persawahan. Ke empat dusun yang dilewati irigasi tersebut, meliputi Dusun Kliwonan 1, Dusun Kliwonan 2, Dusun Plumbon dan Dusun Nglawon 2. Selain di Grabag," kata sudjadi.

Selain di Kecamatan Grabag, PKT juga dilakukan di Kelurahan Jurangombo Selatan, Kota Magelang, dengan melakukan pengerukan tanah di aliran irigasi primer yang mengalami pendangkakalan. Pihaknya memperjuangkan dalam perbaikan irigasi, baik irigasi primer maupun tersier. “Tujuan program ini agar saluran irigasi primer maupun tersier, dapat berfungsi dengan baik, terutama untuk pengairan areal sawah petani,” katanya.

Sedangkan untuk saluran irigasi primer di Kelurahan jurangombo Selatan, Kota Magelang, supaya penggelontoran air berfungsi dengan baik. "Setelah dikeduk, jangan sampai sampai masyarakat membuang kotoran di sungai, karena irigasi dilakukan pemeliharaan," jelasnya.

Lurah Kedungombo Selatan, Kota Magelang, Istiyati menyebutkan, dalam padat karya tunai di irigasi sepanjang 2.000 meter ini melibatkan 150 orang warga Kelurahan Kedungombo Selatan. "Padat Karya Tunai sangat bermanfaat, karena masyarakat menerima dampak positifnya," kata Istiyati. 

Rencana peresmian awal program Irigasi Padat Karya Tunai di Desa Grabag maupun Kelurahan Kedungombo Selatan Kota Magelang, dibuka oleh Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Republik Indonesia, Basuki Hadimuljono. Tema peresmian adalah pendidikan membersihkan sungai dan membangun irigasi. (Bag)

 

BERITA REKOMENDASI