Tahfidz Cam, Dekatkan Anak Pada Al Quran

Editor: Ivan Aditya

PURWOREJO, KRJOGJA.com –  Sebagai langkah mendekatkan anak pada Al Quran, Pondok Pesantren (PP) Darul Arqom SMP Muhammadiyah Jono Kecamatan Bayan Kabupaten Purworejo menggelar Tahfidz Camp. Kegiatan yang baru pertama diselenggaraka ini diikuti 40 peserta siswa Sekolah Dasar (SD) dari wilayah Kecamatan Kutoarjo, Bayan dan Kecamatan Grabag.

“Kegiatan perdana ini dilakukan sebagai upaya mendekatkan anak kepada Al Quran, sekaligus membacanya, mempelajari hingga menghafalnya serta menerapkan dalam kehidpan sehari-hari,” kata Kepala SMP Muhammadiyah Jono Teguh Priyono, Rabu (08/01/2020).

Kegiatan Tahfidz Camp 1 ini dikemas dengan suasana menyenangkan. “Kami mendorong sejak dini pada anak agar dapat menjadi dasar dan bekal dirinya hingga akhirnya dapat mencintai kitab sucinya. Sehingga tema yang kami angkat, Aku Cinta Al Quran,” jelasnya.

Dalam kegiatan ini peserta dibagi dalam empat kelompok berdasarkan tingkat kelasnya yang diampu seorang guru pendamping. Sebagai materi, hari pertama mengulang hafalan untuk surat pada juz 30 dilanjutkan hari kedua masuk pada surat juz 29 diawali dari surat Al Mulk dan seterusnya.

“Kegiatan diawali dengan motivasi, menghafal, pendampingan ibadah wajib serta sunnah, dan lainnya dengan harapan melalui seluruh rangkaian ini semakin memantik kecintaan anak pada Al Quran,” tandasnya.

Sekretaris Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Purworejo  Amad Darusman menambahkan, kegiatan ini sekaligus sebagai momentum melatih kemandirian anak, memperkenalkan proses pendidikan PP dan meningkatkan daya imunitas jiwa bagi anak. (Nar)

BERITA REKOMENDASI