Tahun Ajaran Baru Ditengah Pandemi Covid-19

PURWOREJO, KRJOGJA.com – Sepekan lagi tahun ajaran baru dimulai. Berbagai persiapan dilakukan pihak sekolah. Termasuk opsi yang ditawarkan kepada wali maupun siswa.

“Mayoritas orang tua atau wali dan siswa menghendaki kegiatan belajar dan mengajar (KBM) dilaksanakan secara langsung atau ofline,” kata Kepala SMK Taman Karya Madya (TKM) Tamansiswa Kabupaten Purworejo Ki Gandung Ngadina SPd MPd, Minggu (5/7).

Ki Gandung Ngadina yang juga Ketua Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMK Purworejo ini menjelaskan, pihak sekolah telah memberikan dua opsi untuk mengawali KBM di tahun ajaran baru ini karena pandemi virus corona (covid-19) belum berakhir, meskipun Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Purworejo telah memberlakukan new habit atau kebiasan hidup baru yang tetap memenuhi prosedur covid-19.

Dua opsi itu kegiatan KBM dilakukan secara online, yang berarti para siswa belajar di rumah masing-masing seperti yang dilakukan selama pandemi ini, dan KBM secara of line, dimana terjadi tatap muka antara guru dengan siswa di sekolah.

“Tapi masyoritas wali siswa dan siswa menghendaki KBM secara ofline,” jelas Ki Gandung Ngadina di sela-sela kegiatan HUT Tamansiswa yang ke-98.

Diakui, selama masa pandemi covid-19 ini untuk penerimaan calon siswa (casis) baru sedikit menemui kendala, meskipun sejak Februari atau sebelum virus ini mewabah SMK TKM Tanamsiswa sudah mulai membuka pendaftaran.

“Sebelum virus covid-19 mewabah kami sudah mulai membuka pendaftaran untuk gelombang pertama. Dan gelombang berikutnya dilakukan dengan prosedur covid-19,” katanya seraya menambahkan, sebagian casis tidak bisa diterima karena jumlah pendaftar melebihi kouta yang tersedia sebanyak 360 siswa. (Nar)

BERITA REKOMENDASI