Tahun Depan, Purworejo Targetkan Bebas Malaria

Editor: KRjogja/Gus

PURWOREJO, KRJOGJA.com – Kabupaten Purworejo optimis tahun 2021 nanti bakal bebas dari malaria. Terlebih sejak November 2018 hingga kini tidak ditemuka lagi kasus malaria indigenous (malaria setempat). Purworejo bersama Kabupaten Banjarnegara merupakan dua kabupaten di Jawa Tengah yang hingga kini belum bebas dari malaria.

“Kasus malaria mulai melemah maka kita bersiap mengeliminasi malaria. Sejak November 2018 yang ditemuukan hanya kasus malaria impor atau yang berasal dari luar,” kata Kepala Dinas Kesehatan Purworejo dr Sudarmi MM, Kamis (22/10).

Dalam rapat koordinasi (Rakor) persiapan eliminasi malaria Kabupaten Purworejo dr Sudarmi menandaskan, jika tiga tahun berturut-turut di Purworejo tidak ada kasus malaria indigenous, maka pada akhir tahun 2021 Purworejo sudah bisa eliminasi. “Ini akan terus kita pertahankan,” tandasnya.

Untuk mencapai eliminasi itu lanjut Sudarmi, beberapa hal perlu dilakukan. Diantaranya melakukan optimalisasi surveilans migrasi dengan pemberdayaan masyarakat.

Hadirnya proyek strategis Bandara YIA, Bendungan Bener dan BOB dapat dijadikan sebagai motivasi bagi masyarakat untuk terus berbenah, salah satunya dengan mengeliminasi malaria.

“Pemahaman masyarakat terhadap wabah malaria kini sudah semakin bagus. Mari kita bersama-sama menjaga Purworejo supaya bisa bebas atau eliminasi malaria dan mempertahankannya,” ajaknya.

BERITA REKOMENDASI