Tahun Ini 275 PNS Purworejo Bakal Pensiun

Editor: Ivan Aditya

PURWOREJO (KRjogja.com) – Sebanyak 275 pegawai negeri sipil (PNS) di Kabupaten Purworejo bakal memasuki pensiun pada tahun 2016. Total hingga tahun 2020, sebanyak 1.640 PNS Purworejo memasuki masa pensiun.

Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kabupaten Purworejo menyebut, sebanyak 250 PNS akan pensiun tagun 2017, 300 PNS pada 2018, 400 pegawai 2019 dan 415 untuk tahun 2020. "Cukup besar yang akan memasuki purna tugas kalau dihitung hingga 2020," ungkap Drs Sigit Budimulyanto MM, Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kabupaten Purworejo, menjawab pertanyaan KRjogja.com, Rabu (20/07/2016).

Menurutnya, sebagian besar pegawai yang akan memasuki pensiun termasuk kategori tenaga fungsional tertentu. Mereka terdiri atas tenaga pendidikan dan kesehatan.

Untuk memenuhi kebutuhan pegawai, BKD mengusulkan tambahan formasi kepada Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN dan RB). "Kami usulkan 300 formasi, antara lain tenaga kependidikan, kesehatan dan penegakan hukum," ucapnya.

Pemerintah pusat belum memberikan jawaban secara formal atas usulan tersebut. Sigit menambahkan, apabila akan ada tambahan formasi, pemerintah kabupaten akan dipanggil mengikuti rapat koordinasi dan sosialisasi.

Sigit meminta masyarakat Purworejo untuk waspada apabila menerima informasi rekrutmen PNS dari sumber nonpemerintah. "Waspada dengan informasi perekrutan, apalagi kalau sumbernya tidak jelas, bisa jadi penipuan. Kami belum mendapat informasi resmi tentang penerimaan, jadwal dan formasi CPNS dari pemerintah pusat," tegasnya. (Jas)

BERITA REKOMENDASI