Tak Hanya Pemkab, Berantas Penyakit Menular Perlu Kebersamaan

PURWOREJO, KRJOGJA.com – Memberantas penyakit menular dibutuhkan suatu kebersamaan. Pemberantasan juga harus dilakukan secara preventif, melibatkan berbagai pihak. Pemberian imunisasi bagi balita, dan kebersihan lingkungan menjadi kunci utama.

“Penanganan penyakit menular ini dibutuhkan peran serta seluruh pihak, kepedulian masyarakat juga penting dalam mendukung proses pendataan hingga pengobatan sampai selesai bagi yang terdampak penyakit sesuai standard,” kata Kabid Pengendalian Penyakit pada Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Purworejo dr Darus, Selasa (27/3/2018).

Pada kegiatan semarak Tuberculosis (TB) Day yang digelar Sub-Sub Recipient (SSR) Aisyiyah Kabupaten Purworejo, dr Darus menjelaskan bahwa dalam  penanganan TB ini harus dilakukan secara preventif dan promotif. Bentuk preventif diantaranya peningkatan gizi, manajemen waktu istirahat yang cukup, berolahraga, penjagaan kebersihan untuk diri dan lingkungan sekitar guna mewujudkan kondisi sehat.

“Promotifnya dengan pemberian imunisasi BCG bagi bayi berumur 2 tahun di posyandu,” katanya seraya menambahkan, untuk mewujudkan kondisi ini dibutuhkan peran serta seluruh stakeholder.

Sedang kegiatan TB Day yang digelar  Sub-Sub Recipient (SSR) Aisyiyah ini dilakukan dengan mengajak masyarakat membiasakan diri hidup bersih serta menjaga diri dan lingkungan sehat. Dilakukan sosialisasi bagi pengunjung Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Purworejo, sosialisasi pada paguyuban senam sehat rumah sakit umum (RSU), sosialisasi pada para pelajar sekolah menengah, pembagian pamflet bagi masyarakat umum terkait penyakit TBC dan lainnya.

“Aisyiyah Purworejo melalui SSR Aisyiyah terus melakukan dan mendorong penanganan terkait penyakit menular TBC dan HIV,” kata Koordinator Program SSR Aisyiyah Purworejo Siti Nurhayati.(Nar)

 

BERITA REKOMENDASI