Tak Harus ke Luar Kota, Warga Kebumen Bisa Membuat Paspor di Wilayahnya

KEBUMEN, KRJOGJA.com – Keinginan banyak warga Kebumen agar bisa membuat paspor di Kebumen akhirnya diakomodasi oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kebumen. Dengan demikian, warga Kebumen tak perlu lagi bersusah payah ke Cilacap atau Wonosobo untuk pembuatan paspor.

"Pembuatan paspor di Kebumen tersebut direncanakan dimulai minggu ketiga atau keempat Desember 2019, seiring dimulainya pengoperasian Mall Pelayanan Publik (MPP) Kebumen," ujar Kabid Izin Usaha Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Perizinan Satu Pintu Kebumen, Bahrun Munawir MSi, di ruang kerjanya, Senin  (11/11/2019).

Menurut Bahrun aspirasi agar pembuatan paspor dilayani di MPP Kebumen cukup kuat didengungkan oleh berbagai kalangan di Kebumen. Mengingat selama ini warga Kebumen harus ke Kantor Imigrasi Cilacap atau Wonosobo bila ingin membuat paspor.

"Mengingat paspor merupakan dokumen penting untuk umroh, naik haji, melancong ke manca negara, bekerja di luar negeri dan berbagai keperluan lainnya, maka aspirasi itu kami tindak lanjuti melalui koordinasi dengan pihak Imigrasi yang kemudian menyanggupi menyediakan petugas di MPP Kebumen," ujar Bahrun.

Hanya saja di tahap awal baru bisa dilakukan pemberkasan persyaratan. Sedangkan proses pencetakannya masih dilakukan di Cilacap atau Wonosobo.

Tak hanya pelayanan pembuatan paspor saja, sejumlah instansi pusat dan Provinsi Jawa Tengah juga menyanggupi untuk membuka gerai pelayanan di MPP Kebumen. Diantaranya, Kementerian Agama terkait dengan pelayanan ibadah haji, Kementerian Ketenagakerjaan terkait dengan izin bekerja di luar negeri. Juga, instansi perpajakan, Asuransi Jasa Raharja, kepolisian dan perbankan.

Hingga Senin (11/11/2019), MPP Kebumen yang akan menempati Gedung Juang 45 di Jalan Indrakila Kebumen, telah menghimpun puluhan jenis perizinan dari 24 OPD (Organisasi Perangkat Daerah) Kebumen, 6 instansi pusat, Kantor Pelayanan Terpadu Satu Atap (PTSA) Jawa Tengah dan 6 BUMN/BUMD. Direncanakan, MPP mulai difungsikan minggu ketiga atau keempat Desember 2019.(Dwi) 

BERITA REKOMENDASI