Tak Sekedar ‘Fun’, Ajak Pengunjung Peduli Alam

MAGELANG (KRjogja.com) – Offroad yang dilaksanakan anak muda di Kabupaten Magelang yang tergabung dalam Merapi Park Adventure, patut diapresiasi. Mereka tidak hanya menonjolkan soal andrenalin, namun diajak melakukan konservasi alam di lereng Gunung Merapi, tepatnya disekitar Taman Nasional Gunung Merapi (TNGM), diwilayah Kabupaten Magelang.

Pengunjung cukup menyewa jeep dan memilih paket yang disediakan oleh penyedia jasa wisata 'Fun Offroad', salah satunya milik Merapi Park Adventure. Untuk sampai ke lokasi, pengunjung langsung naik mobil jeep dari bascamp di Muntilan menuju area TNGM, sekitar 15 kilometer dengan waktu tempuh sekitar 3-4 jam.

Selama perjalanan, mereka diajak berpetualang melewati jalan setapak di pedesaan dengan hamparan pemandangan perkebunan salak dan pertanian warga. Tak hanya lewat jalan setapak, mereka juga diajak melewati jalan terjal bebatuan menuju area bekas penambangan pasir. Tebing-tebing menjulang tinggi, serpihan-serpihan batu berserakan, kolam-kolam bekas penggalian menjadi saksi eksploitasi alam Merapi secara masif.

"Semula kawasan ini masih hijau. Ini adalah sungai putih yang menjadi aliran lahar ketika erupsi merapi. Aktivitas penambangan membuat kerusakan lingkungan. Secara umum, vegetasi khas Merapi di kawasan ini masih terjaga. Salah satunya hutan pinus," kata Fajar Soqiq, pengelola Merapi Park Adventure.

Perjalanan berlanjut masih melewati sungai-sungai yang berhulu di Gunung Merapi. Diantaranya, Sungai Batang, Lamat, Putih dan Blongkeng. Lelah menikmati perjalanan, pengunjung diajak berisirahat di kawasan Jurang Jero, Srumbung atau tepat di bantaran Sungai Blongkeng. (Bag)

 

BERITA REKOMENDASI