Takut Sanksi Sosial, Penolakan Uji Swab Terjadi di Purworejo

Editor: Ivan Aditya

PURWOREJO, KRJOGJA.com – Penolakan terhadap pelaksanaan uji swab terjadi di Kabupaten Purworejo. Sebagian kontak erat pasien terkonfirmasi Covid-19 enggan mengikuti uji swab karena mereka takut terkena sanksi sosial dari masyarakat berupa pengucilan.

Hal tersebut terkuak dalam rapat dengar pendapat Dinkes Purworejo dan Satgas Covid-19 Purworejo dengan Komisi 4 DPRD Purworejo, Jumat (09/10/2020). Kepala Dinkes Purworejo dr Sudarmi MM dan Jubir Satgas Covid-19 dr Tolkha Amaruddin Sp THT menyampaikan perkembangan dan tantangan penanganan pandemi di Purworejo.

Menurut dr Tolkha, satgas melakukan penelusuran terhadap para kontak erat pasien atau OTG terkonfirmasi. Ketika diwawancara petugas medis, para kontak erat itu mengakui telah ada kontak dengan pasien Covid-19.

Namun ketika diminta untuk swab, mereka memilih tidak datang pada jadwal yang ditetapkan. Padahal mereka masuk kategori wajib diswab. “Biasanya pergi dari rumah karena alasan tertentu, sehingga kami gagal mendapat  sampel swab yang bersangkutan,” tuturnya kepada KRJOGJA.com.

BERITA REKOMENDASI