Tanah Longsor Susulan Mengancam Warga Wonotopo

PURWOREJO, KRJOGJA.com – Bencana alam tanah longsor hingga kini masih membayangi warga Desa Wonotopo di Kecamatan Gebang Kabupaten Purworejo. Bahkan rekahan tanah melanda sejumlah rumah penduduk, menyusul  peristiwa tanah longsor yang terjadi pada bulan Desember lalu.

“Warga yang rumahnya rusak akibat longsor juga belum diperbaiki,” kata Kepala Desa (Kades) Wonotopo Amat Kozaki, Minggu (14/1/2018).

Dijelaskan, bencana alam tanah longsor yang melanda Desa Wonotopo mengakibatkan sejumlah rumah rusak total, berat dan ringan. Warga yang rumahnya tidak layak huni terpaksa mengungsi, terutama jika turun hujan cukup lebat dalam tempo lama.

“Selain itu sebagian rumah warga juga terancam karena tanah di atasnya sudah merekah,” jelasnya.

Tanah longsor di desa ini lanjut Amat Kozaki, tidak saja merusak rumah penduduk, namun juga infrastruktur lainnya, terutama jalan utama desa sepanjang kurang lebih 1 km ambles dan longsor.

Kondisi seperti ini menurut Amat Kozaki, mengakibatkan akses lalu lintas warga terganggu. “Jangankan untuk memperbaiki infrastruktur desa, untuk membangun rumahnya sendiri saja belum bisa dilakukan,” katanya.(Nar)

 

BERITA REKOMENDASI