Tanamkan Pancasila Lewat Pentas Seni

PURWOREJO, KRJOGJA.com – Ratusan siswa SMP Negeri 1 Purworejo mengikuti pentas seni (pensi) untuk mengisi kegiatan akhir semester, Sabtu (15/12) siang. Kegiatan tersebut menjadi sarana menanamkan karakter Pancasila pada para siswa.
 

"Pensi merupakan kolaborasi siswa, paguyuban orang tua/wali murid dan alumni. Biasanya hanya teman-teman yang mementaskan seni, tapi kali ini berbeda," ujar Ketua Panitia Pensi SMP 1 Purworejo, Gerardus Radya Dyan Kirana, menjawab pertanyaan KRJOGJA.com.
  
Menurutnya, karakter Pancasila yang coba ditanamkan dan diterapkan adalah sikap religius, nasionalis, gotong-royong, mandiri serta integritas. Pensi, lanjutnya, diselenggarakan secara mandiri oleh siswa.  Kendati demikian, ada beberapa bagian konsep yang dikerjasamakan dengan alumni dan paguyuban wali murid. Alumni diminta membantu menyeting konsep tempat dan dekorasi, sedangkan wali murid membuat makanan yang dijual sepanjang acara.

Selain pementasan seni budaya karya siswa, panitia juga membuat pameran kerajinan tangan, inovasi teknologi, produk ramah lingkungan dan aneka kuliner nusantara. Siswa juga mengadakan pagelaran busana berbahan dari barang bekas. "Orang tua yang masak, kami yang menjual," ucap siswa kelas IX itu.
  
Kepala SMP Negeri 1 Purworejo Kusnaeni MPd mengakui jika siswa dapat menerjemahkan karakter Pancasila secara benar. "Ada beberapa nilai yang mereka perlihatkan, nilai nasionalis ditunjukkan antara lain melalui tampilan seni budaya nusantara, gotong-royong dengan kolaborasi siswa, orang tua, dan alumni," terangnya. (Jas)

BERITA REKOMENDASI