Tangani Corona, Pemkab Magelang Siapkan Anggaran Rp 44,7 M

MAGELANG, KRJOGJA.com – Pemkab Magelang menyiapkan anggaran sebesar Rp 44,7 miliar sebagai upaya penanganan covid-19. Persiapan dana ini merupakan hasil dari penggeseran sejumlah anggaran di beberapa Organisasi Perangkat Daerah (OPD). Selain dari Dana Insentif Daerah (DID) dan Dana Tak Terduga (DTT/Taktis).

“Terkait anggaran, telah dilakukan penggeseran anggaran yang dilakukan kemarin. Pak Bupati, telah meminta untuk segera diproses dan segera bisa digunakan. Tentu sesuai dengan ketentuan. Meskipun anggaran ada pergeseran, tetapi tidak boleh digunakan seenaknya. Semuanya berdasarkan ketentuan yang berlaku,” kata Asisten Administrasi Umum Setda Kabupaten Magelang, drs H Asfuri Muhsis, didampingi Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Edi Susanto, dan Plt Kabag Prokompim Nanda Cahyadi Pribadi, di ruang Command Center Pusaka Gemilang Selasa (7/4/2020).

Terkait ketersediaan anggaran yang bisa digeser itu, kata Asfuri, akan dicairkan beberapa tahap. Untuk tahap pertama Rp 21,5 miliar berasal dari Dana Insentif Daerah (DID). “Kemudian ditambah lagi Rp 5 miliar dari DTT (dana tidak terduga/taktis). Kemudian ditambah lagi Rp 18,2 miliar. Sementara jumlahnya Rp 44,7 miliar. Ini terkait dengan anggaran yang telah dilakukan persiapan-persiapan. Misal terkait nanti tambah atau tidak, tentu nanti menyusul, sesuai dengan kebutuhan. Karena Pak Bupati sangat,” jelasnya.

BERITA REKOMENDASI