Tanggap Darurat Covid-19 Diperpanjang

PURWOREJO, KRJOGJA.com – Pasien positif covid-19 ternyata lebih cepat sembuh dirawat di rumah daripada diisolasi di rumah sakit (RS). Disamping kepedulian masyarakat terhadap pasien positif covid-19 juga cukup tinggi.

“Apalagi pasien positif covid-19 yang dirawat di rumah sakit ini merasa tidak sakit, tapi justru jenuh dengan lingkungan isolasi,” kata Bupati Purworejo Agus Bastian SE MM, Senin (1/6).

Atas dasar itu pula, maka pasien yang dirawat di RS kini dikembalikan ke masyarakat.

Namun dalam menghadapi situasi ini Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Purworejo memperpanjang masa tanggap darurat Covid-19 selama 14 hari kedepan hingga 12 Juni 2020. Masa tanggap darurat Covid-19 ini telah dilaksanakan selama dua bulan.

“Kebijakan ini kami ambil setelah mencermati serta memperhatikan perkembangan yang ada. Diantaranya untuk mengoptimalkan masa penyembuhan pasien positif covid-19 dan memutus penyebaran covid-19 dari tracking yang ada,” katanya didampingi Wakil Bupati (Wabup) Hj Yuli Hastuti SH beserta Forkopinda dalam keterangannya kepada awak media.

Masa perpanjangan ini sekaligus memberikan waktu bagi Dinas Kesehatan (Puskesmas dan RSUD dr Tjitrowardojo) untuk melaksanakan penanganan covid-19 secara berkelanjutan. Juga untuk memberi waktu yang cukup dalam penanganan terhadap dampak sosial ekonomi pandemi covid-19.

Selain itu juga didasari atas masuknya para migran yang berkerja di luar negeri.(Nar)

BERITA REKOMENDASI