Tari Lawung Jajar Meriahkan Jumenengan Bupati Tjokronagoro

Editor: KRjogja/Gus

PURWOREJO (KRjogja.com) – Tari Lawung Jajar yang merupakan kolaborasi dari berbagai kesenian daerah Kabupaten Purworejo, dibawakan para seniman tari dalam memeriahkan peringatan Jumenengan Bupati  pertama Purworejo Raden Adipati Arya (RAA) Tjokronagoro I.

Pagelaran yang berlangsung di kompleks pendapa rumah dinas bupati Purworejo, Selasa (27/2) malam  ini, cukup menarik perhatian warga masyarakat yang memadati pelataran rumah dinas bupati. Dipadu dengan pameran produk unggulan, yang sekaligus menjadi tema peringatan jumenengan bupati tahun ini.

“Tari Lawung jajar merupakan paduan dari berbagai seni tradisional Purworejo yang dikemas dalam kolosal,” kata Kepala Dinas Pariwisaa dan Kebudayaan Purworejo Agung Wibowo AP.

Melibatkan seniman dari anak-anak hingga dewasa, menarikan tari-tari tradisional asli Purworejo seperti Dolalak, Kuda Lumping, dan tari kreasi lainnya sehingga menjadi semakin menarik untuk ditonton. “Ini sekaligus untuk apresiasi para seniman Purworejo,” jelas Agung Wibowo.

Prosesi jumenengan sendiri diawali dengan doa bersama yang dipimpin Drs H Farid Solihin MAg, dilanjutkan dengan pembacaan riwayat RAA Tjokronagoro I oleh Zainal Abidin BA salah satu wakil dari keluarga besar trah RAA Tjokronagoro, dan dilanjutkan dengan tari Bedayan Tjokronagoro yang dibawakan oleh para penari perempuan. (Nar)
 

BERITA REKOMENDASI