Tarik Wisatawan, Jumenengan Tjokronagoro Dikemas Jadi Destinasi Wisata

PURWOREJO, KRJOGJA.com – Prosesi jumenengan Bupati Pertama Purworejo Raden Adipati Arya (RAA) Tjokronagoro yang diperingati setiap tanggal 27 Februari kini dirancang menjadi destinasi wisata. Kegiatan yang dipusatkan di pendapa rumah dinas bupati ini diharap mampu menarik perhatian warga masyarakat, termasuk warga luar daerah untuk berbondong-bondong datang di Purworejo.

“Mulai tahun ini jumenengan RAA Tjokronagoro dikemas menjadi destinasi wisata dengan gelar berbagai even,” kata Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Purworejo Agung Wibowo AP, Selasa (27/2/2018).

Sebagai event pariwisata budaya lanjut Agung Wibowo, berbagai kegiatan penunjang setiap tahun akan dijadwalkan berbeda sehingga tidak monoton. “Yang tidak berubah hanya prosesi jumenengan yang dibakukan dengan gelar tari bedayan Tjokronagoro,” kata Agung Wibowo didampingi Kasi Kebudayaan Drs Eko Riyanto.

Mengawali kegiatan ini, digelar karawitan sehari penuh di pendapa rumah dinas bupati. Pentas karawitan diawali dari penampilan para siswa SN Negeri Purworejo, disambung dari SMP Negeri 19 Kecamatan Bener, SMA Negeri 1 dan SMA Negeri 7. “Pentas karawitan ini berlangsung sehari penuh,” jelasnya. (Nar)

BERITA REKOMENDASI