TBM Ibnu Hajar Gelar Literasi Kebencanaan

MAGELANG, KRJOGJA.com – Memperingati peristiwa banjir lahar dingin akibat erupsi Gunung Merapi yang terjadi pada 9 Januari 2011 lalu, TBM (Taman Baca Masyarakat) Pondok Baca Ibnu Hajar Desa Sirahan, Kecamatan Salam, Kabupaten Magelang, mengadakan literasi kebencanaan. Kegiatan yang bertemakan "Merapi Merapi (kan)" tersebut, dihadiri oleh ratusan peserta dari berbagai kalangan.

Kepala TBM Pondok Baca Ibnu Hajar, Ida Fitria, mengatakan bahwa kegiatan literasi tersebut dikolaborasikan dengan bencana. "Bagi kami, bencana erupsi disusul dengan banjir lahar dingin yang menerjang desa kami desa Sirahan, saya anggap justru 'merapikan' kami. Bencana itu, menjadi momentum kami untuk mengadakan kegiatan literasi ini," kata Ida, dalam sambutannya, Minggu (12/01/2020).

Sedang tujuan diadakannya kegiatan tersebut, kata Ida, agar para peserta yang hadir selalu bersyukur, mawas diri, dan merenungkan atas kejadian yang pernah menimpa Desa Sirahan. 

Sementara Maman Suherman, pegiat literasi selaku nara sumber mengatakan, kegiatan literasi di Indonesia masih sangat rendah dan perlu ditingkatkan. Ia berpendapat jika kegiatan literasi bukan hanya sekadar membaca saja, tetapi juga harus paham dan bagaimana menjalankannya. 

"Sekolah itu bukan ruangan, tetapi sekolah itu tempat bermain. Tidak ada paksaan dalam literasi, dalam artian bermain dan belajar. Belajar atau membaca tidak harus duduk diam di dalam ruangan, tetapi bagaimana ia fokus dan konsentrasi saat membaca," imbuhnya. (Bag)

BERITA REKOMENDASI