Tebing Longsor Timbun Rumah Warga Sokoagung

Editor: Ivan Aditya

PURWOREJO, KRJOGJA.com – Tanah longsor menerjang rumah Sunarto warga RT 05 RW 03 Dusun Ketitang Desa Sokoagung Kecamatan Bagelen Kabupaten Purworejo, Rabu (28/11) dinihari. Tidak ada korban dalam kejadian itu namun dua unit rumah milik korban rusak berat.

Longsor terjadi setelah hujan lebat mengguyur wilayah tersebut. "Tebing di belakang rumah korban labil sehingga longsor," ujar Sunarto, kepada KRJOGJA.com.

Tanah menerjang rumah permanen dan rumah joglo Jawa milik korban. Rumah permanen mengalami kerusakan pada bagian teras, sedangkan dinding kayu rumah joglo jebol.

Kasi kedaruratan BPBD Purworejo Sigit Ahmad Basuki mengatakan, kerusakan rumah joglo masuk kategori berat karena bangunan miring hingga 30 derajat. "Kami cek dan pastikan bangunan sudah tidak aman. Kami sarankan untuk dibongkar dan dipindah," ucapnya.

Warga dibantu tim BPBD, TNI dan Polri kerja bakti membersihkan material tanah yang menerjang rumah korban. "Selain tanah dibuang, rumah joglo juga dibongkar," katanya.

BPBD dan PMI Cabang Purworejo juga menyalurkan bantuan logistik untuk warga yang kerja bakti. "Kami juga lakukan pendataan, untuk kerugian diperkirakan Rp 55 juta," tandasnya. (Jas)

BERITA REKOMENDASI