Tebing Longsor Tutup Ruas Jalan Kabupaten di Desa Pasir

Editor: KRjogja/Gus

KEBUMEN, KRJOGJA.com – Akibat hujan deras selama beberapa jam, sebagian tebing di tepi ruas jalan kabupaten Desa Pasir Kecamatan Ayah Kebumen, Selasa (18/12/2018) dinihari, longsor. Dalam waktu yang bersamaan sebuah pohon besar di tepi tebing tersebut tumbang.

Akibat volume tanah tebing yang gugur cukup banyak ditambah adanya pohon tumbang tersebut menutupi badan jalan di bawah tebing, akses lalu lintas di lokasi tersebut tertutup sejak Selasa dini hari pukul 01.00 sampai Selasa pagi  pukul 09.00.

"Ruas jalan kabupaten ini merupakan penghubung antara Kecamatan Ayah dengan  Buayan dan antara Kecamatan Ayah dengan Kecamatan Puring. Serta akses jalan  menuju TPI (Tempat Pendaratan Ikan) Pasir," jelas petugas Dinas Perhubungan Kebumen, Wrin, di sela-sela pembersihan tanah dan pohon yang menutup badan jalan, Selasa pagi.

Berdasarkan laporan dari Kantor Kecamatan Ayah kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kebumen, peristiwa longsor beserta pohon tumbang tersebut terjadi pada Selasa dini hari sekitar pukul 01.00. Adapun panjang tebing yang longsor sekitar 15 meter dan tingginya sekitar 20 meter.

" Mengingat parahnya kondisi longsor serta tertutupnya akses lalu lintas antar kecamatan di sini, Selasa pagi kami langsung meluncur ke sini. Selain itu, ada pula alat-alat berat dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kebumen yang membersihkan tanah dari badan jalan," ujar Wrin.

Pasca pembersihan badan jalan dari tanah longsor dan pohon yang tumbang tersebut akses lalu lintas kembali dibuka pada pukul 09.00. Beberapa petugas Dinas Perhubungan Kebumen terlihat berjaga-jaga di dekat lokasi longsor hingga Selasa siang, guna mengatur lalu-lintas kendaraan bermotor yang melewati lokasi tersebut. (Dwi) 

 

BERITA REKOMENDASI