Tebing Sungai Galeh Longsor Ancam Pemukiman

Editor: Ivan Aditya

TEMANGGUNG, KRJOGJA.com – Longsor pada tebing Sungai Galeh mengancam rumah Marimin dan Prayit warga Kampung Panjangsari Lama RT.01/RW.07 Kelurahan Parakan Wetan Kecamatan Parakan Temanggung. Akibat longsor tersebut mengakibatkan pondasi rumah Prayit dan Marimin menggantung.

“Jika ada longsor lagi, rumah bisa mengalami kerusakkan,” kata Kepala Pelaksana Harian BPBD Kabupaten Temanggung Joko Prasetyono, Kamis (27/02/2020).

Ia mengatakan longsor terjadi pada Rabu (26/02/2020) sekitar pukul 17.00 WIB, akibat hujan deras dan debit air Sungai Galeh tinggi sehingga menggerus tebing bantaran sungai. “Apabila cuaca hujan masih meningkat dan banjir masih berlangsung kemungkinan akan ada longsor susulan,” katanya.

Dia menyampaikan hujan deras yang mengakibatkan genangan air telah menyebabkan pagar SDN 2 Bengkal Kecamatan Kranggan mengalami roboh. Pagar ini ada di bagian belakang sekolah tersebut. Sesnag longsor dengan volume 20 meter x 3 meter.

Dikatakan pihaknya telah melakukan tinjauan lapangan, hasilnya akan segera dibahas. Apakah akan dikerjakan BPBD atau Dinas Pekerjaan Umum. Sedangkan untuk rumah yang terancam telah diminta untuk meningkatkan kewaspadaan. (Osy)

BERITA TERKAIT