Tebing Sungai Longsor Ancam Rumah Warga

PURWOREJO (KRjogja.com) – Tebing anak Sungai Bedono di Dusun Krajan Desa Bedono Karang Duwur Kecamatan Kemiri Kabupaten Purworejo longsor. Sedikitnya tiga rumah warga terancam hanyut ke sungai apabila terjadi longsor susulan yang besar.

Tebing tersebut longsor tergerus arus sungai sejak tiga tahun lalu. Tebing longsor berukuran panjang 30 meter dengan ketinggian sepuluh meter. "Namun intensitasnya semakin sering terjadi dalam setahun terakhir. Setiap hujan deras, tebing selalu longsor," ungkap Arifin, Kepala Desa Bedono Karang Duwur, kepada KRjogja.com, Jumat (18/11/2016).

Selain gerusan arus sungai, longsor juga akibat air hujan yang mengalir melewati tebing. Warga berusaha menahan aliran air, namun selalu gagal karena posisi tebing lebih rendah.

Rumah paling terancam terdata milik Asiman, Ngadiran dan Masrikin. Bahkan jarak rumah Asiman dengan tebing longsor tidak lebih dari satu meter.

Pemerintah desa, katanya, mencoba mengusulkan pembuatan pengaman tebing dengan bronjong kepada pihak kabupaten. Namun usulan tersebut belum disetujui pemerintah. "Kami harus bagaimana menangani masalah itu, sebab tidak mungkin menggunakan Dana Desa karena akan dibutuhkan alokasi yang besar. Padahal Dana Desa juga kami bagi untuk membangun di seluruh wilayah," terangnya.

Warga terancam bencana, Ngadiran mengaku selalu khawatir apabila hujan deras. "Saya takut akan terjadi longsor yang menyeret rumah kami ke dalam sungai. Meski demikian, memang belum mengungsi," tuturnya.

Ngadiran berharap pemerintah secepatnya merealisasi perkuatan tebing anak Sungai Bedono. "Kami harap segera dibangun, sehingga warga bisa nyaman tinggal di tepi sungai itu," tandasnya. (Jas)

BERITA REKOMENDASI