Tekan Stunting, Lele di Magelang Dijual Murah

Editor: KRjogja/Gus

MAGELANG, KRJOGJA.com – Untuk menggalakkan program pemerintah gemar makan ikan dan menekan angka stunting, Dinas Peternakan dan Perikanan (Peterikan) Kabupaten Magelang menggelar pasar ikan murah di 10 desa dengan angka stunting tertinggi diwilayah ini. Sepuluh desa itu berada di enam dari 21 kecamatan diwilayah ini.

“Sepuluh desa itu diantaranya, Desa Jogoyasan di Kecamatan Ngablak, Mangunrejo di Tegalrejo, Petung di Pakis, Soronalan di Sawangan, Sangen di Kajoran, Candisari dan Desa Ngemplak di Kecamatan Windusari. Desa-desa tersebut, memang menurut data dinas kesehatan angka stuntingnya paling tinggi di kabupaten magelang,” kata Plt Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan (Peterikan) Kabupaten Magelang, drs Sukamtono, Kamis (25/6).

Sementara itu jenis ikan yang didistribusikan adalah ikan lele dengan sasaran sekitar 2000 Kepala Keluarga (KK) dan mereka dapat membelinya dengan separuh harga yakni menjadi Rp 11.000. “Jadi mereka hanya bayar Rp 11.000 karena harga lele di luar sekitar Rp 22.000 per kg. Untuk pasar murahnya sendiri, dimulai sejak tanggal 24 Juni kemarin dan ditargetka selesai tanggal 2 Juli mendatang,” jelasnya.

Untuk kegiatan ini, pihaknya juga menggandeng para pengusaha lele yang berasal dari diwilayah ini, agar ikut produksinya meningkat. “Yang jelas, tujuan utama kegiatan ini adalah untuk membantu pemerintah dalam upaya menurunkan angka stunting dan meningkatkan gizi keluarga serta meningkatkan konsumsi ikan keluarga,” pungkasnya. (Bag)

 

BERITA REKOMENDASI