Tekuni Pembuatan Miniatur Bus Karena Permintaan Anak

Editor: Ivan Aditya

KEBUMEN (KRjogja.com) – Berawal dari keinginannya untuk menuruti permintaan anak pertamanya untuk agar dibuatkan sebuah bus mainan, mengantarkan Agus Irianto warga Dukuh Joho Desa Kelapasawit Kecamatan Buluspesantren Kebumen untuk memiliki sebuah usaha unik, yaitu pembuatan miniatur bus.

"Bus mainan dari kardus itu memang saya buat sebagus dan sedetail mungkin. Melihatnya hasilnya, banyak kerabat yang menyarankan agar pembuatan bus mainan itu dijadikan saja sebagai sebuah usaha. Ternyata saat ini benar-benar saya tekuni seiring tingginya permintaan dari berbagai daerah," ujar Agus di tempat kerjanya, Rabu (02/11/2016).

Bus-bus mini buatan Agus itu pertamakali dijualnya secara keliling ke agen-agen bus di Kebumen tahun 2016 lalu. Tak langsung berhasil memang, namun lalu muncul sambutan bagus dari sejumlah perusahaan otobus di Kebumen yang memesan dalam jumlah banyak untuk souvenir.

Agus pun kini hanya fokus memproduksi karena pemasaran sudah dilakukan secara online oleh sejumlah penjual melalui toko-toko online. Dengan dibantu seorang karyawan,  Agus bisa memproduksi 16 buah miniatur bus/hari yang harganya Rp 40 ribu/buah. Adapun proses produksi terumit adalah pembuatan desain dengan laptop.

Desain lalu dicetak di atas kertas foto, kemudian dibentuk menjadi bus mini berukuran panjang 20 sentimeter, lebar 5 sentimeter dan tinggi 6 sentimeter, lalu dimasukkan ke dalam kotak plastik yang beralaskan kayu. Selain membuat miniatur bus dari bus-bus milik perusahaan otobus yang memesan, Agus juga banyak menerima pesanan miniatur bus yang dihiasi nama klub-klub sepakbola kenamaan dalam maupun luar negeri.

Ada pula pemesan yang minta badan bus ditulisi dengan nama anak lelakinya. "Program berikutnya saya akan membuat miniatur mobil pribadi dan jenis-jenis mobil lainnya," ujar Agus yang berstatus karyawan pemasaran sebuah BUMN pupuk. (Dwi)

BERITA REKOMENDASI