Temanggung Belum Akan Produksi Oksigen

Editor: Ivan Aditya

TEMANGGUNG, KRJOGJA.com – Pemerintah Kabupaten Temanggung belum akan memproduksi oksigen sendiri untuk memenuhi kebutuhan yang meningkat untuk perawatan pasien Covid-19 di rumah sakit. Meski begitu kedepan jika dirasa penting dimungkinkan untuk memproduksi.

Bupati Temanggung Al Khadziq mengatakan dibutuhkan infrastruktur dan waktu termasuk harus menggandeng pihak swasta yang akan memproduksi juga butuh waktu. “Saya rasa belum saatnya memproduksi. Walau kemarin sempat ada kekurangan oksigen di rumah sakit,” kata Al Khadziq, Selasa (06/07/2021).

Al Khadziq mengatakan belajar dari pengalaman kekurangan oksigen di rumah sakit, sekarang pihaknya sudah menjalin komunikasi dan kerja sama dengan berbagai pihak, menyusun skenario untuk mengdapi jika sewaktu-waktu terjadi kelangkaan oksigen lagi.

Dikatakan sampai saat ini cadangan oksigen di RSUD Kabupaten Temanggung sangat cukup untuk beberapa hari ke depan dan pihaknya masih terus mencari back up sistem, skenario-skenario cadangan untuk suplai oksigen berikutnya.

Dia meminta pada semua masyarakat dapat mematuhi protokol kesehatan secara ketat untuk mencegah penularan Covid-19. Dalam beberapa waktu terakhir jumlah kasus bertambah, sehingga dapat ditekan dan jumlah kasus menurun.

“Saya minta kepada semua pihak, semua masyarakat juga untuk melaksanakan protokol kesehatan agar kasus Covid-19 di Kabupaten Temanggung tidak terus meningkat, tidak semakin parah keadaaannya,” katanya.

Berdasar infografis, kasus aktif Covid-19 di Kabupaten Temanggung mencapai 794 dengan perincian 676 kasus menjalani isolasi dan 118 perawatan di rumah sakit. Satgas Covid-19 masih menunggu sekitar 1.248 hasil PCR. Keseluruhan kasus yang ada sebanyak 7029 dengan 5966 sembuh dan 269 orang meninggal dunia. (Osy)

BERITA REKOMENDASI